Kapolri Imbau Kapolres Tak Minta Proyek, Kapoldasu: Sejak Menjabat Sudah Saya Ingatkan

oleh -99 views
Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto saat ditemui di RS Bhayangkara. (orbitdigitaldaily.com/Diva Suwanda)

MEDAN – Menanggapi perintah Kapolri Jendral Idham Aziz yang mengultimatum serta mewanti-mewanti kapolres agar tak meminta jatah proyek ke pemerintah daerah, Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto bersikap.

Menurut Agus, sebelum adanya perintah itu, Agus telah lama mengingatkan agar kapolres sejajaran Polda Sumut tidak meminta-minta jatah ke Pemda.

“Sejak awal saya menjabat jadi Kapolda sudah saya ingatkan mereka (para Kapolres) untuk tidak melakukan hal itu (minta proyek),” kata Agus kepada orbitdigitaldaily.com Kamis (21/11/2019).

Mantan Wakapolda Sumut itu menyebut, dirinya akan memberikan sanksi demosi kepada Kapolres yang meminta-minta proyek ke pemda.

“Ini kita lakukan sesuai perintah pak Kapolri yang menyatakan akan memberi tindakan tegas seperti pencopotan jabatan,”katanya.

Agus menyatakan demosi itu bisa berupa penurunan jabatan dan menurunkan status, jabatan dan gaji bagi Kapolres yang berani meminta jatah proyek ke Pemerintah Kabupaten.

Ia mengatakan kalau ada yang ketahuan, wajar-wajar saja kalau yang bersangkutan diberikan Demosi.

“Saya sudah berulang kali mengingatkan kepada para Kapolres untuk tidak macam-macam, apalagi meminta proyek,”katanya.

Pada intinya itu kewenangan Mabes Polri dan pihaknya hanya memberikan laporan kepada pucuk pimpinan.

Kembali jendral bintang dua itu menegaskan bahwa pernyataannya tak hanya ungkapan. Bagi kapolres yang masih coba-coba minta proyek ia mempersilakan dengan ancaman.

“Kalau ada yang nekat dan mau jadi contoh, ya, berarti kan nantangin kalau begitu. Yang pasti, kita sudah perintahkan kepada seluruh kapolres untuk tidak macam-macam,”ujarnya.

AKBP Putu: Dapat Jabatan Saja Sudah Syukur

Kapolda Sumut Irjen Agus Andrianot saat memberikan tongkat komando kepada AKBP Putu Yudha yang diamanahkan sebagai Kapolres Tanjungbalai di Mapolda Sumut beberapa waktu lalu. (foto:Istimewa)

Sementara itu, Kapolres Tanjungbalai AKBP Putu Yudha Prawira mengatakan Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto sudah pernah memberi pesan kepada seluruh Kapolres termasuk dirinya untuk tidak macem-macem dan harus bekerja sesuai tupoksi serta aturan yang ada.

“Saya pribadi menilai kalau meminta proyek ke Pemkab, sangat tidak etis. Bekerja saja sesuai yang sudah ditentukan. Toh juga yang diberikan Polri ke kita sudah cukup, malah lebih,”katanya saat dihubungi melalui selularnya.

Ia mengaku dirinya tidak akan pernah meminta proyek ke Pemkab karena tugas polisi bukan meminta proyek, tetapi memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat ditempat yang ia pimpin.

“Banyak-banyak bersyukurlah dengan apa jabatan yang kita emban sekarang. Kalau bersyukur, pasti cukup dan tidak akan mencla-mencle dalam bekerja sebagai anggota Polri,”ujarnya.

Seperti diketahui, Kapolri Jendral Pol Idham Azis mengaku tidak akan main-main untuk melakukan tindakan kepada Kapolda atau Kapolres yang meminta jatah proyek ke Pemkab setempat.

“Ini memang bukan rahasia umum, saya pernah dinas di luar wilayah ya harus kita tindak, obatnya cuma satu, kita tindak. Saya kira kita mencopot 10 atau 15 kapolres itu tidak goyang organisasi,” kata Idham di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (20/11/2019). (Diva Suwanda)