Ragam  

Karakter ‘Game of Thrones’ Dipakai untuk Spesies Baru Kumbang, Apa Saja?

Ilustrasi.

Pengaruh serial ‘Game of Thrones’ benar-benar mendunia. Bahkan Presiden Joko Widodo juga sempat menggunakan alur serial tersebut untuk pidato kenegaraannya beberapa waktu lalu.

Terbaru, nama karakter dalam serial tersebut digunakan Entomologis asal Nebraska, Amerika Serikat menamai spesies baru kumbang temuannya dengan karakter naga.

Tiga dari delapan kumbang baru itu mendapat nama Drogon, Rhaegal, dan Viserion.

Ketiga kumbang itu akan mendapatkan nama latin drogoni, rhaegali, dan viserioni. Di dalam serial, ketiganya merupakan naga milik Daenerys Targaryen.

Alasan di balik pemberian nama ini adalah karena sang penemu, Brett Ratcliffe, entomologis sekaligus profesor di University of Nebraska, merupakan fans ‘Game of Thrones’. Sepanjang kariernya, Ratcliffe telah menamai ratusan spesies baru. Pilihannya kali ini hanya karena dia ingin penamaan penemuan ini tetap menyenangkan.

“Saya sering berpikir bahwa para ilmuwan menganggap diri mereka terlalu serius, dan ini adalah cara untuk menghindari itu,” kata Ratcliffe kepada Metalfloss, seperti dilansir CNNIndonesia.

Dia juga mengakui popularitas yang didapatkan ketiga kumbang temuannya karena nama yang diberikannya.

“Ketika Anda membuat nama-nama seperti ini, Anda melakukannya untuk mendapatkan sedikit kemasyhuran dan menarik perhatian publik,” katanya.

Kepada NBC, dia juga menjelaskan bahwa dalam menamai spesies baru tidak diperkenankan untuk memilih nama yang menyinggung, mengolok-olok dan menghindari nama spesies yang sudah ada.

Sementara itu, setiap kumbang dilaporkan memiliki sedikit warna oranye yang mirip dengan api naga. Hal itu membuat namanya menjadi lebih sesuai.

Di sisi lain, fans ‘Game of Thrones’ saat ini sedang menunggu season berikutnya dari serial ini yang baru akan tayang pada April 2019.