Medan  

Keren ! Sampah Plastik di Medan Disulap Jadi Furniture

Daur ulang sampah plastik di Jl Asahan Kecamatan Medan Belawan. (orbitdigitaldaily.com/Wawan)

MEDAN | Pusat daur ulang sampah plastik (Ecofriendly Board) di Jalan Asahan Kecamatan Medan Belawan dapat memproduksi bahan baku berupa kepingan balok per harinya bisa menghabiskan sampah 500 kg hingga mencapai 1 ton. Rabu (28/2/2024).

Hasil produksi daur ulang sampah plastik dari alat Peraga Kampanye (APK) Pemilu 2024 yang didapat dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Medan sekitar 8 ton. Dilebur menjadi balok/ papan ini dapat dimanfaatkan dan digunakan untuk berbagai kebutuhan layaknya bahan dari kayu seperti meja, kursi, pagar dan tiang lampu taman.

Seperti tiang lampu taman ini merupakan inovasi yang digagas oleh Tom Agustinus Sinaga sebagai founder Ecofriendly board berkolaborasi dengan Kecamatan Medan Belawan sebagai upaya mengurangi sampah plastik.

“Berawal dari ide perduli terhadap lingkungan kita,banyak nya sampah plastik yang terbuang.Apalagi di belawan ini sering terjadi air pasang/Rob yang ketika surut meninggalkan Sampah. Jadi banyaknya sampah membuat kita mencari cara agar sampah plastik ini bisa menghasilkan dan bernilai di masyarakat,” kata Tom Agustinus Sinaga.

Tom Agustinus mengatakan dalam proses pengerjaan untuk satu balok membutuhkan waktu 30 menit sampai 1 jam sekalian pendinginan menggunakan 16 Kg sampah plastik yang dileburkan menjadi balok.

“Jadi perakitan ini dikerjakan oleh UMKM binaan kita sesudah peleburan kemudian berbentuk papan/balok yang sudah jadi kemudian di rakit,di cat,lalu di mur hingga menjadi furnitur seperti meja,kursi Untuk di work shop kita di bantu oleh 5 sampai 6 orang untuk UMKM binaan kita ada berkisar 6,” jelasnya.

“Untuk oprasional masih dari kita pribadi…ya didukung oleh pemerintah daerah dalam segala urusan perizinan, serta didukung oleh Pelabuhan Indonesia (PELINDO) melalui program CSR. Saat ini kita mencari mitra-mitra yang mau bergabung untuk membantu lingkungan ini terbebas dari Sampah plastik. Harapan saya kepada masyarakat untuk memilah sampah plastik dan mendaur ulangnya menjadi produk produl yang bisa kita manfaatkan hari ini,” pungkasnya.

Reporter : Wawan