Kontingen Aceh Singkil Sumbang 1 Perak 2 Perunggu di Pora Pidie

Para atlet Tarung Derajat Aceh Singkil diabadikan bersama pelatih dan pembina

PIDIE | Penjabat Bupati Aceh Singkil Marthunis hadir langsung menyaksikan dan memberikan semangat pada pertandingan atlet tarung derajat di Kabupaten Pidie.

Berjumlah 48 official dan 150 atlet Aceh Singkil mengikuti sebanyak 15 cabang olahraga dari 36 cabang yang diperlombakan.

Para petarung Aceh Singkil langsung tanding perdana pada Pora XIV, usai pembukaan secara resmi oleh Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki, Sabtu (10/12/2022) di Lapangan Blang Paseh Kota Sigli Kabupaten Pidie.

Meski belum berhasil mendulang emas seperti pada Pora 2018 lalu, namun Kontingen Aceh Singkil harus berpuas diri berhasil mendulang 1 perak dan 2 perunggu di cabang olahraga Tarung Derajat di kelas Seni Getak Gharang serta Seni Gerak Campuran kelas Putri, dan kelas 75,1 kg sampai 80 kg di Tarung Putra.

Penuh Persaingan

Sementara itu, pelatih Tarung Derajat Aceh Singkil Emon kepada Orbitdigital menjelaskan, atlet peraih 3 medali tersebut yakni, Jojo H, Zikri Ilham dan Dhaki Arasyid, berhasil meraih 1 perak dari kelas Seni Gerak Gharang Putra.

Kemudian 1 perunggu disumbang Kang Khairun di kelas tarung bebas putra 75,1 kg s/d 80 kg.

Meski unggul di babak penyisihan dan berhasil mengalahkan Kontingen Gayo Lues namun kalah saat bertarung melawan tuan rumah Kabupaten Pidie.

Dan penyumbang 1 perunggu lagi, di kelas Seni Gerak Campuran yakni Hayatun Putri dan Khairatun Nisa Abd.

Di kelas ini, pada penyisihan mereka bertanding melawan 5 kontingen, yakni Aceh Tamiang, Aceh Jaya, Aceh Besar, Pidie, Subulussalam dan Banda Aceh.

Petarung Aceh Singkil berhasil masuk final setelah menyingkirkan pesaingnya, Banda Aceh, Aceh Besar dan Subulussalam.

Sayangnya pada pertandingan final, Aceh Singkil kembali dikalahkan oleh tuan rumah Pidie dan berhasil meraih peringkat 2, dan peringkat 3 dipegang Aceh Tamiang.

Para petarung cabang olah raga tarung derajat ini akan kembali ke kampung halaman besok siang, sebut Emon.

Sebelumnya Pj Bupati Marthunis juga menyempatkan diri mengunjungi pemondokan tempat tinggal para atlet Aceh Singkil di SDN 1 Sigli untuk memberika semangat sebelum bertanding.

Reporter : Helmi