KPU Karo Tolak Surat Permohonan Cuaca Bangun

oleh -935 views
Ketua KPU Karo Gemar Tarigan

TANAH KARO – Surat permohonan untuk pergantian pasangan bakal calon Wakil Bupati Karo yang diajukan Cuaca Bangun ke KPU Karo, ditolak.

“KPU menolak pergantian, jadi tetap Cuaca Bangun-Agen Morgan Purba,” sebut Ketua KPU Karo Gemar Tarigan ST, kepada orbitdigitaldaily.com, Rabu (26/8/2020).

Menurut Gemar, setelah KPU Karo menindaklanjuti dan melakukan klarifikasi ke dokter di Rumah Sakit Bhayangkara Medan sehubungan surat permohonan Cuaca Bangun, KPU Karo pun melakukan rapat pleno pada Selasa, 25 Agustus 2020 kemarin.

Dan akhirnya diputuskan menolak permohonan Cuaca Bangun, karena sesuai penyataan dokter maka Agen Morgan Purba tidak dapat dikatakan berhalangan tetap. Sehingga, Agen Morgan Purba akan tetap mendampingi Cuaca Bangun dalam Pilkada Karo tahun 2020.

Hal ini juga sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) RI Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Dimana pada pasal 33 ayat 3 yang berbunyi, bakal calon perseorangan yang berhalangan tetap setelah penyerahan dukungan sampai dengan sebelum pendaftaran dapat di ganti dengan calon pengganti paling lama 3 (tiga) hari sejak calon tersebut berhalangan tetap.

Pada ayat 4 yang berbunyi, berhalangan tetap sebagaimana yang dimaksud pada ayat (3) meliputi:
a. Meninggal dunia; atau
b.Tidak mampu menjalankan tugas secara permanen.

Kemudian pasal 4a berbunyi, berhalangan tetap sebagaimana dimaksud pada ayat (3) meliputi dengan:
a. Surat keterangan dari lurah /kepala desa atau sebutan lain atau camat setempat bagi bakal calon yang berhalangan tetap karena meninggal; atau
b. Surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah bagi bakal calon yang berhalangan tetap karena tidak mampu melaksanakan tugas secara permanen.

Diketahui sebelumnya, pasangan Cuaca Bangun dan Agen Morgan Purba telah memenuhi dukungan syarat pencalonan dari jalur perseorangan, dan berhak ikut mendaftar sebagai peserta Pemilihan Kepala Daerah Karo tahun 2020 mendatang.

Namun, sesuai pernyataan Ketua KPU Karo Gemar Tarigan, bacalon Bupati Karo Cuaca Bangun telah memasukkan permohonan pergantian calon Wakil Bupati Karo untuk mendampinginya di Pilkada Karo tahun 2020 yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 nanti.

Reporter : David Kaka