Aceh  

Lokmin Tribulanan ke II, Puskesmas Lhang Paparkan Program Kerja

ABDYA – Tingkatkan kerjasama lintas sektor puskesmas lhang Kecamatan Setia, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar lokakarya mini (lokmin) tribulanan ke II yang berlangsung di aula puskesmas setempat, Selasa (31/5/2022).

Pantauan awak media, acara tersebut dibuka langsung. Kadis kesehatan melalui penyuluh kesehatan masyarakat ahli muda Wirda Yanti, SKM. dihadiri Sekcam, perwakilan Pospol, Posmil 08/ Setia,BPJS, Imum mukim,para Keuchik,Kepsek, pendamping Gampong ( desa ) serta lainnya

Camat Setia Ra Ifin, yang diwakili Sekcam Syamsul Hidayat dalam sambutannya menyebutkan, pelaksanaan lokmin lintas sektor ini sangat di butuhkan dalam melaksanakan program- program kesehatan.

Selain itu, kegiatan lokmin ini setahun 4 kali dan pada tahun ini untuk tingkat Gampong (Desa) sudah dilibatkan dan puskesmas sudah bekerjasama dengan tim kecamatan.

Namun, masih ada beberapa kejanggalan yang terlihat seperti di posyandu fasilitas belum maksimal perlu dirawat dan nantinya di perjelas langsung oleh pemateri ibu kapus ,singkatnya.

Sementara, Kepala Puskesmas Setia dr. Hessi Arfina mengatakan dukungan lintas sektor sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan program-program kesehatan baik di dalam gedung maupun di luar gedung.

“Ini merupakan Lokmin triwulan kedua dimana kita terus melakukan evaluasi terkait berbagai persoalan dan kendala yang terjadi, dengan kegiatan ini sama sama kita cari solusi demi terwujudnya program kesehatan yang maksimal ditengah masyarakat,”sebut Hessi.

Dikatakan Hessi, pada agenda ini merupakan momen yang sangat tepat disamping evaluasi juga sebagai ajang silaturahmi dengan Kapala desa yang baru baru ini dilantik sebagai kepala desa definitif dari sembilan Desa, sehingga dapat memberikan semangat baru tentu nya di bidang program program kesehatan masyarakat.

“Yang pasti nya kita sangat menginginkan terjalin koordinasi dan komunikasi yang baik dengan kepala desa di Kecamatan Setia, agar berbagai persoalan dan kesenjangan yang terjadi dapat sama -sama kita benahi,” tutur Hessi.

Kemudian, Hessi juga menuturkan tujuan diselenggarakan Lokmin untuk membicarakan masalah-masalah kesehatan yang kerap terjadi di kecamatan khususnya Setia sehingga masalah tersebut bisa dipecahkan bersama.

“Intinya tujuan Lokmin adalah berbagi pengalaman, menyusun program, dan tentunya memecahkan setiap masalah,”BB jelasnya.

Untuk itu, kata Hessi, diadakan Lokmin untuk memelihara silahturahmi antara pihak Puskesmas dengan Lintas Sektor tersebut. Kepala Puskesmas Lhang juga bermohon dukungan kepada Lintas Sektor supaya mendukung kegiatan pihak Puskesmas Setia,”pungkas Hessi.

Di ketahui, sebelum kegiatan Lokmin tersebut mulai, dirangkai dengan prosesi pesijuk dengan tepung tawar kepada Keuchik Definitif oleh Kepala Puskesmas, Sekcam dan Mukim Setia.

Reporter : Nazli