Madu Lebah Sebagai Sumber Ekonomi Masyarakat Buloh Seuma

oleh -242 views

ACEH SELATAN: Selain bertani madu Lebah yang panennya dua kali dalam setahun bagi warga yang berdomisili di Kemukiman Buloh Seuma Kecamatan Trumon Kabupaten Aceh Selatan merupakan sumber ekonomi masyarakat yang terdiri dari tiga gampong, yakni gampong Raket,gampong Kuta Padang dan gampong Teugah.

Kemukiman Buloh Seuma Kecamatan Trumon Kabupaten Aceh Selatan, dari dahulu kala disebut-sebut merupakan daerah terpencil, merupakan sumber produksi madu lebah dominan yang terkenal hingga sampai diluar kabupaten daerah penghasil komanditi pala itu.

Hal tersebut sebagaimana di sampaikan Keucik Gampong Raket Kemukiman Buloh Seuma, M. Zakir, Kamis (21/11/2019) sekira pukul 16.00 WIB di Tapaktuan, kepada orbitdigitaldaily.com mengakui warganya selain bermata pencaharian pertanian, juga penghasil madu lebah yang sangat menjanjikan.

M Zakir juga menuturkan hasil madu lebah cukup menjanjikan, tapi harus dengan penuh perjuangan dengan cara naik batang kayu besar sekira 100 meter ketinggiannya.

Dengan cara pengambilan pada malam hari dan tidak menerangkan kenapa malam hari dilakukan pengambilan. Kemudian madu lebah ini bukan setiap hari, minggu dan bulannya bisa diambil dengan banyak, tapi ada musim-musim tertentu. “Kalau istilah kami disana adanya musim ‘Timur’ yaitu bulan Desember dan Januari,” terangnya.

Reporter : Yunardi