Mantap! Kontingen Sumut Raih 23 Medali Emas di Fornas VI 2022

kontingen sumut fornas
Kontingen Sumatera Utara menutup kompetisi di Festival Olahraga Nasional (Fornas) VI Palembang dengan luar biasa. Dengan target 10 medali emas tapi Kontingen Sumut mampu meraih 21 medali emas (plus 2 medali emas eksebisi). (ist)

PALEMBANG | Kontingen Sumut (Sumatera Utara) menutup kompetisi di Fornas (Festival Olahraga Nasional) VI Palembang dengan luar biasa. Dengan target 10 medali emas tapi Kontingen Sumut mampu meraih 21 medali emas (plus 2 medali emas eksebisi) atau 110%, Sumut siap menghadapi Fornas VII di Jawa Barat pada 2023.

“Hormat dan apresiasi saya yang tinggi atas semangat juang dan kegigihan seluruh penggiat, pelatih dan pengurus inorga, di dalam mengusung Sumut Bermartabat di even Nasional kali ini,” ujar Ketua KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) Sumut, Baharuddin Siagian, Jumat (8/7/2022) pasca penutupan Fornas VI, Palembang.

Diketahui, hasil ini cukup luar biasa. Meski hanya mengikutsertakan 24 inorga (induk olahraga) dari 55 inorga dan hanya mengikuti sekitar 105 nomor dari 709 nomor yang diperlombakan pada Fornas VI/2022 di Palembang, Tim Fornas Sumatera Utara berkekuatan hanya 234 penggiat mampu merebut 21 Medali Emas perlombaan plus 2 Emas Eksebisi, berikut 17 Perak dan 18 Perunggu.

Bahar Siagian bertekad, apapun hasil yang dicapai pada Fornas tahun ini, akan menjadi bahan evaluasi menghadapi gelaran Fornas VII tahun 2023 yang akan diselenggarakan di Jawa Barat. Sekaligus juga untuk menjawab kesiapan permintaan KORMI Nasional, agar Fornas VIII Tahun 2025 dapat dilaksanakan oleh Sumatera Utara. “Kami segera melakukan evaluasi menyuluruh,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, dari lima kali pelaksanaan Fornas, baru kali inilah keikutsertaan Sumatera Utara dikordinir oleh KORMI. Kebetulan, KORMI Sumut baru dibentuk dan dilantik pada 29 Desember 2021 lalu.

Dengan persiapan waktu yang terbatas dan anggaran minim, Sumut memasang target 10 Medali Emas pada Fornas VI. Namun, “Dukungan penuh dari Gubernur Sumut bapak Edy Rahmayadi, mampu mendorong semangat juang para penggiat Sumut meraih hasil terbaik melampaui target”.

Sumut melengkapi jumlah medali Emas terakhirnya, yang diraih pada hari terakhir kemarin sore dari inorga IESPA (e-Sport). Kemenangan di cabang E-Sport Divisi Mobile Legend ini juga mencengangkan. Sebab Sumut mengalahkan Kalimantan Barat, peraih medali emas PON Papua.

Penutupan Fornas VI

Acara Penutupan Fornas VI/2022 sendiri, jauh lebih meriah dibandingkan dengan acara pembukaan. Jika pada acara pembukaan dimeriahkan artis Mahalini dan Ungu, pada acara penutupan ini dihibur oleh artis Bams Eks Samsons dan Wali Band. Acara penutupan dipusatkan di Venue Dayung Jakabaring Sport Center (JSC) Palembang, tadi malam. Acara semakin semarak, dengan semburan pesta kembang api.

Ketua Umum KORMI Nasional, Hayono Isman, terus-menerus memuji acara pembukaan dan penutupan yang cukup spektakular tersebut. Bahkan Menpora diwakili Staf Ahli Bidang Hukum, Dr Syamsuddin, meyakini Fornas VI merupakan titik awal kebangkitan masyarakat Indonesia yang bugar dan sehat.

Pada Fornas VI kali ini, tuan rumah Sumatera Selatan berhasil menyabet medali paling banyak. Yakni 123 Emas, 152 Perak dan 178 Perunggu. Sumsel juga mengikutsertakan penggiat paling banyak, yakni 2.024 penggiat mengikuti 54 inorga dari 55 inorga yang diperlombakan.
Disusul kemudian oleh Provinsi Jawa Barat meraih 82 Emas, 83 Perak dan 90 Perunggu. Jabar mengirim sebanyak 945 penggiat, mengikuti 48 inorga.

Reporter : Yonan Febrian