Parlindungan Purba Apresiasi Karya Siswa SMK Diajang PRSU

Parlindungan Purba saat mengunjungi stan SMK N 7 Medan. (Foto/Ist)

MEDAN | Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara pamerkan berbagai karya kreatifitas siswa – siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka memeriahkan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke -49, Selasa (27/6/2023) malam.

Kebolehan anak SMK itu menjadi daya tersendiri bagi pengunjung lantaran dipajang pada setiap stan sekolah masing – masing di gedung Kampung Beasiswa, Komplek PRSU, Jl Gatot Subroto Medan.

Salah satu karya anak SMK Negeri 7 Medan seperti teknik mencetak pada kain dengan menggunakan pewarna alami dengan motif dari daun secara manual(Ecoprint).

Neni Riski Siregar, guru SMK N 7 Medan didampingi rekannya Heli Tarigan mengatakan
ada 5 program keahlian SMK N 7 Medan yaitu jurusan Akutansi, Managemen Perkantoran dan Pelayanan Bisnis, Bisnis Jaring dan Pemasaran(BJP), Usaha Layanan Pariwisata(ULP) dan Perhotelan.

Kemudian, setiap jurusan memiliki kewirausahaan yang siap bersaing dalam dunia kerja. Adapun hasil karya usaha mikro kecil menengah(UMKM) yakni, tas ayaman, ayaman dinding dan bunga sakura,.

Selain itu ada juga inovasi ekatrakruler seperti pupuk organik, penyeimbang kadar derajat keasaman(PH) dan mampu menyerap zat kimia dalam air, anti jamur, anti bakteri, anti inflamasi atau peradangan dan penetral kadar zat PH asam pada tanah.

“Kita bangga dengan karya – karya anak bangsa dan saya akan berupaya mendatangkan investor sehingga produk seperti ini menjadi bagian UMKM” kata Parlindungan Purba SH MM usai mengunjungi 17 stan SMK di gedung Kampung Beasiswa.

Mantan anggota Dewan Perwakilan Daerah DPD RI meminta para kepala sekolah lebih aktif dan inovatif mempromosikan keunggulan sekolahnya masing – masing.

Didampingi Kabid SMK Dr Suhendri MA, sambung Parlindungan Purba menuturkan Kurikulum Merdeka menjadikan pembelajaran berkualitas sesuai kebutuhan dan lingkungan dunia usaha.

“Kepala sekolah harus aktif membangun jaringan. Ini jaman digital maka gunakan website untuk promosi produk unggulan sekolah”terangnya sembari mengapresiasi produk parfum dan fashion SMK N1 Beringin.

Berikut 17 SMK yang turut memeriahkan Pekan Raya Sumatera Utara(PRSU) yakni, SMK N 1 Beringin, SMK N 3 Medan, SMK N 1 Percut Sei Tuan, SMK N 1 Beringin, SMK N 13 Medan, SMK N 9 Medan, SMK Swasta Citra Harapan, SMK Swasta Karya Jaya, SMK N 2 Medan, SMK N 4 Medan, SMK N 8 Medan, SMK N 1 Medan, SMK N1 Lubuk Pakam, SMK Swasta Kesehatan Haji Medan, SMK N 14 Medan dan SMK N 10 Medan

Kadis Pendidikan Pemprov Sumut Dr Asren Nasution MA mengatakan Kampung Beasiswa adalah program Dinas Pendidikan Pemerintah Sumatera Utara yang berkaitan dengan beasiswa bagi putra – putri dan pusat informasi beasiswa dalam dan luar negeri.

Tujuan Kampung Beasiswa ialah meningkatkan akses dan kesempatan putra putri Sumatera Utara yang berprestasi belajar di perguruan tinggi baik dalam negeri atau luar negeri untuk jenjang Strata 1, 2 dan Strata 3.

Meningkatkan akses dan kesempatan putra putri Sumatera Utara belajar di perguruan tinggi dalam atau luar negeri dengan prestasi akademik tinggi namun kurang mampu dalam pembiayaan.

Kemudian, memberikan bantuan biaya belajar bagi putra putri dengan prestaai akademik atau non akademik yang mengharumkan nama Provinsi Sumatera Utara atau Indonesia yang sedang belajar di perguruan tinggi dalam atau luar negeri untuk jenjang Strata 1, 2 dan Strata 3.

Dan menjamin keberlangsungan dan penyelesaian pendidikan yang secara tiba tiba mengalami kekurangan pembiayaan dengan prestasi yang membanggakan.

Reporter : Tonijer Hutagalung