Aceh  

Pemerintah Aceh Bersama Dekranasda Aceh Selatan Tampilkan Karya UMKM di Jakarta

Aceh Selatan menampilkan karya seni dan produk UMKM terbaiknya di ajang Aceh Muslim Fashion Festival (AMFF) yang berlangsung di Sarinah Mall Jakarta

ACEH SELATAN | Pemerintah Aceh bekerja sama dengan Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan menampilkan karya seni dan produk UMKM terbaiknya di ajang Aceh Muslim Fashion Festival (AMFF) yang berlangsung di Sarinah Mall Jakarta, 24-26 Mei 2024.

Acara ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Almuniza Kamal S.STP M.Si, Penjabat Bupati Aceh Selatan Cut Syazalisma, S.STP, Penjabat Ketua Dekranasda Aceh Selatan Bd. Yuliani Irvana R., S.Tr. Keb, dan para tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Almuniza Kamal, S.STP., M.Si, menyampaikan bahwa AMFF merupakan platform yang tepat untuk mempromosikan karya seni dan UMKM Aceh di ibukota.

“Lebih dari sekadar menampilkan koleksi terbaru dari desainer Aceh, AMFF juga menjadi panggung utama bagi para desainer dan pecinta busana muslim,” ungkapnya.

Pj Ketua Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan, Bd. Yuliani Irvana R., S.Tr. Keb, menambahkan bahwa AMFF 2024 menjadi momentum penting untuk memperluas pasar UMKM lokal yang telah menghasilkan berbagai karya kreatif.

“Melalui kegiatan ini, pelaku UMKM lokal dapat mempromosikan produk mereka kepada khalayak yang lebih luas di Jakarta,” tuturnya.

Pada kesempatan ini, Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan menggandeng salah satu UMKM lokal ternama, Putri Pala, yang terkenal dengan produk kreatifnya, khususnya busana muslim, di Aceh.

“Harapan kami melalui AMFF ini, produk UMKM Aceh Selatan dapat dikenal lebih luas, tidak hanya di Aceh Selatan atau Provinsi Aceh saja,” ujar Yuliani Irvana.

Sejak hari pertama, stand Dekranasda Aceh Selatan mendapat respon positif dari pengunjung. Banyak yang tertarik dengan berbagai produk kreatif yang ditampilkan dan membelinya.

Beberapa produk khas Aceh Selatan yang digemari pengunjung antara lain kain bordir, batik, dan bahan kreatif lainnya dengan motif Situnjuang dan Senuwan Kluet.

“Insya Allah, di masa depan, Dekranasda Aceh Selatan akan terus berkolaborasi dengan pelaku UMKM lainnya di Aceh Selatan,” tutur Yuliani Irvana.

“Kami berharap karya kreatif berkualitas dari UMKM Aceh Selatan lainnya juga dapat dikenal luas dan berperan aktif dalam memajukan warisan budaya Aceh Selatan,” ungkapnya.

Penjabat Bupati Aceh Selatan, Cut Syazalisma, S.STP., selaku Pembina Dekranasda Kabupaten Aceh Selatan, memberikan apresiasi atas terselenggaranya AMFF 2024.

Ia menyambut baik AMFF sebagai event yang dapat memberikan informasi tentang produk UMKM dan diharapkan dapat membawa dampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

“Semoga AMFF dapat memberikan dampak positif terhadap pengembangan UMKM Aceh Selatan,” pungkas, Pj Bupati Aceh Selatan.

Reporter : YUNARDI.M.IS