Pj Gubsu Dukung Pengembangan Peternakan di Palas

Pj Gubsu Hassanudin bersilaturrahmi bersama Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Guru di GOR Palas Bercahaya, Sibuhuan. (Foto/Ist)

PALAS | Kabupaten Padanglawas (Palas) memiliki banyak potensi perekonomian yang bisa digali dan dikembangkan, salah satunya potensi peternakan. Untuk itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) akan mendukung pengembangan peternakan di daerah ini.

Hal tersebut disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Sumut Hassanudin saat bertemu dengan para kepala desa, masyarakat, tokoh masyarakat, guru, dan kepala sekolah di Gelanggang Olahraga Palas Bercahaya, Sibuhuan, Palas, Selasa (30/1).

Lebih lanjut, Hassanudin mengatakan, saat ini produksi sapi Sumut defisit sekitar 23.000 ton atau setara 180.000 ekor sapi. Untuk mendukung pengembangan sentra sapi di Palas, Pemprov Sumut akan memberi dukungan iseminasi buatan.

Tidak hanya peternakan, Palas juga memiliki areal pertanian dan perkebunan. Selain potensi ekonomi, Hassanudin juga mengatakan Palas memiliki sistem sosial yang telah mengakar secara turun menurun. Sistem sosial tersebut melengkapi modal sumber daya yang dimiliki masyarakat agar dapat hidup rukun, damai, produktif dan sejahtera.

Pada kesempatan itu, Hassanudin juga mengajak masyarakat untuk menjaga pola hidup bersih dan sehat. Hal tersebut telah ditunjukkan leluhur masyarakat setempat, yang telah mempraktekkan pola hidup tersebut.

Hassanudin pun mengharapkan kerja sama dan sinergi dengan Pemkab Palas dan tokoh masyarakat untuk meningkatkan pembangunan. “Pembangunan ini kita lakukan demi kesejahteraan rakyat, kita tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, kami Pemprov Sumut akan terus mendukung dan mendorong program-program yang bertujuan menyejahterakan rakyat di Palas, mari kita terus bekerjasama,” katanya.

Sementara itu, Plt Bupati Palas Ahmad Zarnawi Pasaribu mengapresiasi perhatian yang telah diberikan Pemprov Sumut pada Palas. Salah satu yang diapresiasinya adalah proyek pembangunan jalan multiyears yang dilakukan di Palas.

Zarnawi mengatakan, progres pembangunan jalan multiyears di Palas telah mencapai 95%. Dari proyek tersebut, Palas mendapat kucuran dana sebesar Rp225 miliar untuk membangun jalan sepanjang 34 km.

“Masyarakat Palas berterima kasih dan bersyukur, ini perhatian Pemprov Sumut,” kata Zarnawi.

Turut hadir Pj Bupati Paluta Patuan Rahmat Syukur Hasibuan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Agus Tripriyono, Kepala Bappelitbang Sumut Hasmirizal Lubis, Kepala BKAD Sumut Ismael Sinaga, Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit, dan OPD Pemprov Sumut lainnya. (Red)