Polres Karo Terjunkan Water Canon Bersihkan Abu Vulkanik Sinabung

oleh -418 views
Sat Sabhara Polres Tanah Karo sedang melakukan pembersihan abu vulkanik menggunakan mobil water canon

TANAH KARO – Untuk meminimalisir dampak debu vulkanik Sinabung, Satuan Sabhara Polres Tanah Karo melakukan penyiraman di sejumlah ruas jalan baik di kota maupun di desa.

Penyiraman dilakukan dengan mobil Armoured Water Canon (AWC) atau kendaraan taktis penyemprot air milik Polres Tanah Karo, untuk membersihkan jalanan yang tertutup abu vulkanik.

Hal ini bermaksud agar masyarakat pengguna jalan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan serta mengurangi dampak abu vulkanik yang tidak baik bagi kesehatan masyarakat.

Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setio Indryono SH SIK mengatakan, pasca terjadinya erupsi Gunung Sinabung pada Sabtu (8/8/2020) lalu, satu unit mobil AWC milik Polres Tanah Karo langsung diterjunkan untuk membantu kerja Damkar Pemkab Karo.

“Abu vulkanik bisa berbahaya, kalau di jalanan licin bisa menyebabkan pengendara terutama sepeda motor tergelincir,” kata Kapolres yang dikonfirmasi orbitdigitaldaily.com, Sabtu (15/8/2020) di Kabanjahe.

Dijelaskannya, sejak Sinabung erupsi, setiap hari Polres Tanah Karo bergabung dengan Satgas, TNI, Pemadam Kebakaran, Satpol PP dan NGO, membersihkan abu vulkanik terutama di fasilitas-fasilitas umum, di jalan protokol, tempat ibadah, jambur dan jalan-jalan kampung.

Selain itu katanya, Polres Tanah Karo juga ikut membagikan masker kepada warga, terutama kedaerah-daerah yang terdampak seperti Kecamatan Namanteran, Merdeka, Dolatrakyat dan Berastagi.

Dia (Kapolres Karo) juga menghimbau supaya masyarakat tidak memasuki zona merah karena cukup berbahaya. Serta menghimbau warga yang masih tinggal di sekitar zona merah Gunung Sinabung agar kembali ke tempat relokasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Begitupun, Kapolres mengingatkan kepada para kru media/wartawan dan Non Governmental Organization (NGO), agar supaya berhati-hati saat melakukan tugas peliputan saat mendekati zona merah.

“Dan jangan lupa menggunakan masker karena abu vulkanik ini berbahaya bagi kesehatan. Sekaligus juga untuk pencegahan supaya tidak terpapar Covid-19,” himbaunya.

Sejumlah masyarakat yang ditemui orbitdigitaldaily.com di kota Kabanjahe dan Berastagi sangat mengapresiasi atas apa yang dilakukan oleh Sat Sabhara Polres Tanah Karo.

Mereka mengatakan, abu vulkanik dari Gunung Sinabung tidak hanya terpapar di sekitar Gunung Sinabung saja. Tapi juga ke tempat-tempat lain seperti kota Kabanjahe dan Berastagi yang cukup padat aktivitas warga.

“Kami berterima kasih kepada pihak Polres Karo yang langsung turun membersihkan jalan-jalan protokol dari abu vulkanik. Sehingga aktivitas di kota juga masih dapat terus berjalan dan mengurangi dampak abu yang tidak baik bagi kesehatan warga,” ujar salah satu warga Kabanjahe Antonius Brahmana kepada orbitdigitaldaily.com.

Pantauan orbitdigitaldaily.com, tampak satu unit mobil water canon milik Polres Tanah Karo sedang melakukan penyemprotan debu vulkanik yang menutupi jalan. Sejumlah personil Sat Sabhara Polres Tanah Karo terlihat berada di depannya sambil menyapukan debu vulkanik dengan sapu lidi.

Reporter: David Kaka