Polres Labuhanbatu Limpahkan 2 Guru Cabul ke JPU

Polres Labuhanbatu saat melimpahkan berkas perkara 2 tersangka guru cabul ke jaksa

LABUHANBATU I Penyidik unit perlindungan perempuan dan anak (PPA) Satreskrim Polres Labuhanbatu melimpahkaan 2 tersangka pencabulan terhadap 21 orang anak pelajar laki-laki berikut barang bukti ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Labuhanbatu, Rabu (16/08/23).

Hal tersebut disampaikan Kapolres Labuhanbatu AKBP James Hasudungan Hutajulu melalui Kasi Humas Parlando Napitupulu SH, Kamis (17/08/23) kepada sejumlah wartawan.

“Kedua tersangka adalah Paharuddin Halawa alias Aseng dan Mesran Siregar dilimpahkan berikut barang bukti ke jaksa setela berkas perkara telah dinyatakan lengkap untuk dilanjut ke persidangan,” ujar Parlando.

Adapun kedua tersangka, disangkakan melanggar pasal 82 Jo Pasal 76 (e) UU RI No. 17 Tahun 2016 tentang penetapan Perpu No.1 Tahun 2016 menjadi UU. Dan atau pasal 6 (c) UU No. 12 Tahun 2022 tentang tindak pidana kekerasan seksual Jo pasal 64/65 ayat 1 KUHP dengan ancaman 15 Tahun penjara. Dan sesuai UU No. 17 Tahun 2016 ditambah pemberatan ⅓ dari ancaman, jelas Parlando

Diketahui, kedua tersangka melakukan kejahatan terhadap anak di tempat yang berbeda. Tersangka Paharuddin Halawa alias Aseng yang merupakan seorang kepala sekolah di salah satu sekolah swasta di Labuhanbatu Utara, melakukan pencabulan terhadap 9 anak didiknya.

Tersangka PaharuddinbHalawa sempat kabur, namun polisi berhasil menangkapnya di Provinsi Aceh pada Rabu, 24 Mei 2023 lalu dan tersangka Misran Siregar yang merupakan oknum guru di salah satu sekolah swasta lainnya di Labuhanbatu Utara melakukan pencabulan terhadap 12 anak didiknya.

Reporter : Robert Simatupang