Ribuan Warga Saksikan Keberangkatan Jamaah Haji Asal Madina

Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution saat melepas jamaah haji kloter 3 asal Madina. (Sulaiman Nasution)

MADINA | Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina), Atika Azmi Utammi Nasution melepas keberangkatan 359 jamaah haji menuju Asrama Haji Kota Medan disaksikan ribuan masyarakat, Senin (13/05/2024).

Dari pantauan sejak pukul 13:30 WIB siang hari pelataran Masjid Agung Nur Ala Nur telah dipenuhi ribuan orang yang turut melepas sanak saudaranya menuju tanah suci.

Sebanyak 359 jamaah haji ini nantinya akan tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 3.

Pelaksana tugas Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Madina H. Armen mengatakan 359 calhaj tersebut terbagi dari 209 jamaah haji laki-laki, 142 perempuan, dan 8 petugas.

“Ada satu yang gagal karena sakit. Itu pun tidak sempat mencari penggantinya karena diputuskan batal berangkat setelah h-2 sebelum keberangkatan,” katanya.

Jamaah asal Madina, kata Armen diperkirakan masuk Asrama Haji Medan pada Selasa pukul 10.00 WIB. Terbang menuju Madinah pada hari Rabu pukul 17.00 WIB dan tiba pukul 22.30 WAS.

Bupati Madina HM Jafar Sukhairi Nasution mengatakan dirinya beserta jajaran akan mendampingi keberangkatan jamaah hingga ke bandara Kualanamu Medan.

Sukhairi berpesan agar jamaah saling membantu selama perjalanan dan ibadah. Menurut dia, dengan saling membantu semua akan terasa lebih mudah.

“Kami (pemerintah) tidak pernah absen memonitor, memastikan, dan mendampingi sampai ke bandara. Kami juga minta para jamaah untuk saling membantu, saling peduli,” kata Sukhairi.

Sukhairi juga meminta untuk mendoakan kabupaten Madina ini agar tetap damai, rukun, dan aman.

Sukhairi mengatakan ibadah bukan hanya banyak bersholawat, sholat, sedekah, dan puasa. Tapi saling membantu sesama dalam kebaikan juga bagian dari ibadah.

“Mudah-mudahan di tanah suci sehat selalu agar dapat menjalankan ibadah dengan sempurna,” katanya.

Reporter : Sulaiman Nasution

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *