Sekda Langkat Buka Kegiatan Rembuk Stunting 2024

Rembuk Stunting Kabupaten Langkat

LANGKAT | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat terus bergerak menurunkan angka stunting di Langkat, hal itu dibuktikan dengan penurunan angka stunting di tahun 2023 menjadi yang berjumlah 16,90 %.

Diketahui upaya penurunan ini terus dilakukan sesuai Peraturan Presiden Nomor 22 tahun 2021 untuk menurunkan angka stunting 10% pada tahun 2024.

Hal itu disampaikan Pj Bupati Langkat H.M Faisala Hasrimy melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat Amril S.Sos, M.AP di kegiatan rembuk stunting Kabupaten Langkat Tahun 2024 yang digelar di Jantera Malay, Senin (20/5/2024).

Dengan tema “Membangun generasi yang sehat cerdas dan produktif” berdasarkan target yang harus tercapai Pemkab Langkat
menggelar Rembuk Stunting Kabupaten Langkat tahun 2024

Dalam kegiatan itu, Pj Bupati Langkat Faisal diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Langkat Amril menekankan hal yakni,

  1. Kepada Camat, Kepala Desa untuk membentuk TPPS baik di Kecamatan, Desa dan menetapkan Desa Binaan Prioritas Stunting 
  2. Mengalokasikan anggaran untuk stunting melalui dana Desa.
  3. Program dan kegiatan dari Kepala OPD untuk lebih fokus ke stunting sebagai percepatan penurunan stunting di Kabupaten Langkat.
  4. Seluruh komponen dan element masyarakat untuk berkolaborasi penurunan stunting Kabupaten Langkat.

“Kegiatan ini diharapkan dapat mempercepat penurunan angka stunting Kabupaten Langkat sehingga Langkat bisa menciptakan generasi yang sehat dan berkualitas,” harap Sekda Amril.

Komitmen Pemkab Langkat dibuktikan dengan Penandatanganan Komitmen bersama oleh Pj Bupati Langkat, Ketua DPRD Kapolres, Sekdakab Langkat, Kemenag Langkat, Ketua TP. PKK Langkat, Bappeda Litbang dean seluruh Kepala OPD Pemkab Langkat,

Serta Camat se Kabupaten Langkat, seluruh Kapus di Kabupaten Langkat, Kepala Desa se Kabupaten Langkat, MUI, basnaz, PDAM Tirta Wampu, KNPI, IDI, IBI, PT LNK, PT.Bank Sumut, dan PT.Tirta Investama Aqua.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemberian penghargaan  kepada Kecamatan, Desa, Puskesmas dan TPK Terbaik Penurunan Stunting se Kabupaten Langkat.

Reporter : Teguh