SMKN 1 Kriya Kayu Laguboti Juara Mobil Hias Karnaval Pesona Danau Toba

Mobil Hias Pelaminan karya Siswa SMKN 1 Laguboti Juara 1 KPDT 2019. (orbitdigitaldaily.com/Bernard Tampubolon)

LAGUBOTI – Mutiha Hutajulu, Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Laguboti mengungkapkan rasa bangganya atas terpilihnya 3 (tiga) unit mobil hias yang sekaligus meraih juara pada lomba mobil hias yang baru dilaksanakan pada pagelaran Karnaval Pesona Danau Toba (KPDT) di Balige.

Kepada orbitdigitaldaily.com, Senin (23/9/2019), Mutiha menerangkan bahwa ke tiga unit mobil hias itu merupakan pesanan dari Camat Porsea, Sigumpar dan Siantar Narumonda.

Dirinya mengakui kaget bercampur senang saat diberitahu bahwa ke tiga mobil hias yang dibangun para anak didik SMKN 1 Laguboti jurusan Kriya Kayu itu menyabet semua juara lomba mobil hias.

“Mobil Hias Kecamatan Porsea dengan thema mobil pelaminan pengantin sebagai juara 1, mobil Kecamatan Sigumpar dengan thema Ikan mendapat juara 2 dan Kecamatan Siantar Narumonda dengan thema rumah adat peroleh juara 3,” sebut Mutiha bangga.

Karenanya, secara pribadi dirinya menyampaikan terimakasih atas kepercayaan semua pihak yang memberi keyakinan ke SMKN 1 Laguboti terlebih kepada guru pembimbing Kriya Kayu beserta para siswa yang ikut dalam pembuatan mobil hias itu.

Di akhir keterangannya, Mutiha mengatakan bahwa gambar bagan mobil itu semua berasal dari pemberi order, pihaknya hanya merefleksikan gambar menjadi bentuk yang nyata. “Ternyata kerjasama yang baik itu membuahkan hasil,” syukurnya. 

Sementara itu, Ita Tita Kartika, salah satu guru di SMKN 1 Laguboti menyampaikan bahwa kriya kayu., logam, tekstil dan Tata Busana telah menghasilkan tamatan yang  handal  dan  berperan penting dalam peletarian budaya Batak Toba.

“Ini adalah karya karyanya yang jadi peserta karnaval pesona Danau Toba. Bersaing dengan alumni alumninya yang juga membuat kreasi mobil hias dan kostum karnaval,” berikut unggahannya di laman facebooknya.

Reporter: Bernard Tampubolon