SMKN 1 Lubuk Pakam Terpilih sebagai Tempat UKK PT Indako Trading Coy

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, Rasimah saat menyampaikan sambutan. (Foto/Ist)

DELISERDANG | Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Lubuk Pakam terpilih menjadi tempat Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bidang otomotif yang diselenggarakan PT Indako Trading Coy. SMK Negeri 1 Lubuk Pakam ini menjadi salah satu tempat uji di antara beberapa sekolah yang bekerjasama dengan induk perusahaan Astra Honda Motor.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, Rasimah ucapkan terimakasih kepada pihak Honda, secara khususnya PT Indako Trading Coy di dalam kata sambutannya pada acara UKK yang diadakan di ruang TSM (Teknik Sepeda Motor), Jl. Galang, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Kamis (20/6/2024).

“Sebuah kehormatan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, karena sekolah kami ini dipilih menjadi tempat pelaksanaan UKK bagi teknisi. Saya sebagai pimpinan SMK Negeri 1 Lubuk Pakam merasa tersanjung, walaupun saya menyadari tempat kami ini masih banyak kekurangan,” ujarnya.

Sementara itu, Gunarko Hartoyo selaku Coorporate & Marketing Communication Manager PT Indako Trading Coy, menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada SMK N 1 Lubuk Pakam dan menjelaskan tujuan perusahaan Honda Indako melaksanakan UKK kepada para peserta.

Gunarko menjelaskan program mereka yaitu Environment Social and Governance (ESG) yang diinterpretasikan dengan tema Sinergi Bagi Negeri. Hal itu sebagai kontribusi kepada negeri di berbagai bidang, seperti pendidikan, lingkungan, kesehatan, pemberdayaan masyarakat, dan keselamtan berkendara.

“Untuk kompetensi UKK sifatnya penilaian. pasti siswa-siswa punya kemampuan yang berbeda-beda. Harapannya kita sih memang semua siswa bisa menerima (menyerap) materi yang disampaikan,” ujar Gunarko.

Dikesempatan yang sama, Muhammad Syahrul (19) sebagai calon peserta uji yang sudah bekerja selama 6 bulan di bengkel AHASS, Jl. Gaperta, Dwi Karya Sartika 11, Medan Helvetia, Kota Medan.
Menerangkan kalau dirinya mengikuti UKK ini agar dapat lebih mengenal lagi cara kerja yang lebih profesional.

“Ya, agar dapat lebih mengenal lagi cara kerja yang lebih baik lagi,” katanya.

Selain Muhammad Syahrul, turut hadir dalam kegiatan peserta dari SMK Swasta Mandiri, Asnan Habib Al Khairi Tambunan dari SMKS Imelda. Muhammad Raihan dari SMK Negeri 4 Medan. Dan Gilang Pranata dari SMK Swasta Tri Karya.

Selain itu juga hadir dari pihak sekolah, Guru sekaligus Kepala Kejuruan Otomotif SMK Negeri 1 Lubuk Pakam, Giono, dan Guru Panita UKK, Teguh Rahayu.Kemudian dari pihak PT Indako Trading Coy, Technical Instructure Education Program, dan Ferry Panji beserta rekan-rekan Jurnalis Sumatera Utara. (Red)