“The Best Event At Tahura” di Penghujung Tahun 2019

oleh -713 views
Dirut Perusahaan Daerah Aneka Industri dan Jasa, Renny Maisyarah, foto bersama Bupati Karo Terkelin Brahmana SH didampingi sejumlah kepala OPD usai audensi di ruang Command Center, kantor bupati Karo, Kabanjahe. (orbitdigitaldaily.com/David)

TANAH KARO – Taman Hutan Raya (Tahura) di Kabupaten Karo, menjadi salah satu ikon destinasi wisata andalan di Sumatera Utara (Sumut).

Namun sayangnya, agaknya Tahura selama ini kurang mendapat perhatian.

Untuk membenahi dan menggenjot Tahura menjadi indikator dan meningkatkan minat kunjungan wisata baik lokal maupun manca negara, dibutuhkan kerjasama Pemprovsu dan Pemda Karo, serta melibatkan stakeholder lainnya.

Demikian dikatakan Dirut Perusahaan Daerah (PD) Aneka Industri dan Jasa (AIJ), Renny Maisyarah, Kamis (19/12/2019) saat audensi dengan Bupati Karo Terkelin Brahmana.

Dalam kesempatan itu hadir juga sejumlah SKPD di ruangan Command Center, kantor bupati Karo, Kabanjahe.

Menurut Renny, kedatangannya bersama rombongan untuk menawarkan kepada Pemkab Karo dalam pengembangan pengelolaan wisata alam Tahura.

Dirinya menyebut, perusahaannya sudah dihunjuk oleh pihak Pemprovsu, dalam hal ini Wakil Gubernur Sumut Musa Rajeksah, untuk fokus dan menata Tahura lebih khusus disegi pembangunan.

Namun demikian, sebelum pembangunan direncanakan di tahun 2020, pihaknya akan membuat sejumlah program menarik di penghujung tahun 2019 ini.

“Kami akan menyelenggrakan delapan event kegiatan dalam menggenjot wisata alam Tahura dan terbuka untuk umum,” ujarnya kepada orbitdigitaldaily.com.

Renny mencontohkan akan diadakan event semisal; Pesta Bunga, Pesta Kembang Api, Festival Musik Tradisional Etnik, Perlombaan Nyanyi Guro-guro Aron, Festival Buruh, keliling naik kuda, foto Spot dan Festival 1000 Tenda.

Rencana kegiatan ini, dijadwalkan pada tanggal 27 Desember 2019 sampai 2 januari 2020 nanti, atau selama 1 minggu.

Selain itu katanya, panitia kelompok kerja akan menyediakan 50 tenda kuliner, bahkan rental sepeda.

Hal ini tentu untuk menarik perhatian masyarakat agar Tahura ramai dikunjungi.

Yang lebih spesial lagi, bagi berminat  lomba lari 10 Km, juga akan diadakan.

Start dimulai dari Taman Mejuah-juah, dan finish di Tahura. Pelaksanaannya tanggal 30 Desember 2019.

“Semua ini, mohon dukungan dukungan dan kolobarasi dari  Pemda Karo. Apa yang bisa dibantu agar dinas OPD terkait diikutsertakan, sehingga apa yang belum terpenuhi, akan disampaikan kepada pak Wagub sesuai intruksi saya terima. Hal ini agar dicari jalan keluarnya, supaya event ini dapat terselenggara dengan baik dan sukses,” cetusnya.

Sambutan Positif Pemkab Karo

Menyahuti usulan Dirut Perusahaan Daerah (PD) Aneka Industri dan Jasa (AIJ)  Renny Maisyarah, Bupati karo Terkelin Brahmana merespon dengan positif.

Sebab dengan adanya rangkaian kegiatan di penghujung tahun di wilayah Tahura, sudah tentu Kabupaten Karo akan menjadi rebutan masyarakat saat liburan Natal dan menyambut Tahun baru.

“Pada prinsipnya kami Pemda Karo siap mendukung delapan event yang ditawarkan dalam menggenjot wisata alam Tahura. Ini momen jarang ada. Untuk itu, ibu Dirut Perusahaan Daerah Aneka Industri dan Jasa, segera bentuk  tim. Caranya mana dinas terkait yang dilibatkan sebagai penyelenggara, masukkan dalam group Whatsapp, supaya komunikasi lebih cepat,” sebut Terkelin.

Acara audensi ini turut dihadiri Kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi Msi, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Metehsa Purba, Kepala DPMD Abel Tarawai Tarigan, Plt Dinas Koperasi Ridwan Ginting, Camat Dolat Rakyat Leo Girsang, Camat Berastagi Mirton Ketaren dan dari Karantina Belawan, Syarizal.

Reporter: David