Tidak Ada Ampun, TKS Terlibat Narkoba Langsung Pecat

Plt Ka BKD Batubara, Mhd Daud memberi keterangan saat diwawancarai sejumlah wartawan. ORBIT/M Saini

Batubara-ORBIT: Langkah Dinas Kesehatan (Dinkes) Batubara yang akan menskorsing Tenaga Kontrak Sukarela (TKS) positif narkoba mendapat apresiasi dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat.

“Kita mendukung inisiatif Dinkes untuk memecat TKS yang positif narkoba bahkan tidak ada ampun langsung pecat  bagi mereka,”, kata Plt Ka BKD Batubara Mhd Daud, saat menjawab wawancara wartawan, kemarin.  

Menyikapi peredaran barang haram yang sudah menyusupi oknum-oknum para medis dilingkungan Dinkes, Daud menyebutkan, upaya pemberantasan narkoba sudah menjadi tugas bersama karena itu musuh negara.

“Jadi, kalau dalam hasil pemeriksaan hasilnya positif maka patut diberhentikan secara tidak hormat,” kata Daud.

Sebelumnya, Kadis Kesehatan Batubara dr Dewi Chaylati,M.Kes melalui Kabid Pemberantasan Penyakit Menular (P2M) dr Buang Suardi mengatakan, tes urine ulang terpaksa dilakukan terhadap 14 honorer RSUD.

Sebab, saat tes urine pertama Dinkes ada menemukan didalam kamar mandi beberapa kantong plastik berisi air seni, diduga milik orang lain yang digunakan dalam tes, makanya tes urine terpaksa diulang kembali.

“Bila hasilnya terbukti melakukan penyalahgunaan narkoba maka honorer ada sanksi yang akan diberikan,” kata dr Buang.

Hal senada juga dikatakan Sekretaris Dinkes dr Deny Syahputra. Ditenegaskannya tidak ada toleransi bagi TKS yang positif narkoba.  Namun sampai berita ini diturunkan pihak Dinkes Batubara belum mengumumkan hasil tes urine tersebut. Od-Sai