Karo  

Tingkatkan SDM, Wabup Karo Buka Pelatihan Pengelolaan Perpustakaan

Wabup Karo Theopilus Ginting memberi arahan kepada para peserta pelatihan pengelola perpustakaan

KARO I Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting Buka Pelatihan Tenaga Pengelolaan Perpustakaan dan Pustakawan Tingkat Daerah Kabupaten Karo Tahun Anggaran 2023, Kamis (8/6/2023) di Hotel Suite Pakar.

Pelatihan yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Karo ini, bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pengelolaan perpustakaan, dengan memperkenalkan aplikasi Troya Akademi Platform (TAP) yang merupakan sistem perpustakaan online, perpustakaan tanpa ruang dan tanpa meninggalkan indentitas sekolah.

Di kesempatan itu, Wakil Bupati Karo, Theopilus Ginting mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan kualitas sumber daya manusia pengelolaan perpustakaan sekolah/madrasah lebih meningkatkan kualitas layanan, juga pemanfaatan perpustakaan oleh masyarakat,” sebut Theo.

“Aplikasi Troya Akademi Platform (TAP) berbasis digital ini dapat membantu para tenaga pengelola perpustakaan dan pustakawan (khususnya) dan para guru (umumnya) dalam mengelola dan membiasakan peserta didik berliterasi melalui perpustakaan,” tambahnya.

Diharapkannya, aplikasi Troya Akademi Platform (TAP) ini dapat dimanfaatkan dengan baik di Kabupaten Karo, karena ini merupakan upaya untuk mengembangkan kompetensi digital pada anak maupun guru sehingga kedepannya sekolah tidak hanya unggul secara karakter, secara akademik namun juga mempunyai keterampilan digital.

Turut hadir, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip, Dra Rehjorena Br Purba, Kepala Dinas Pendidikan, Andreriasta Tarigan MSi dan para peserta pelatihan tenaga pengelolaan perpustakaan dan pustakawan.

Reporter : Daniel Manik