Tips Mudah Membersihkan Sisik Ikan yang Keras

oleh -294 views
Menyisik Ikan (foto /Istimewa)

RINGKASAN
Gunakan Pisau atau Alat yang Tajam
Ikan Direndam dalam Air Panas
Lakukan Gerakan Menyerong

Proses membersihkan sisik ikan bisa memakan waktu yang cukup lama. Apalagi bila sisik ikannya keras, maka akan makin menyulitkan kita mempersiapkannya sebelum mengolahnya. Padahal ikan yang bersih sangat diperlukan agar olahan atau masakan yang dihasilkan terasa lezat.

Ada beberapa tips dan cara yang bisa dicoba untuk memudahkan kita membersihkan sisik ikan. Mulai dari penggunaan pisau dan prosedur tambahan yang perlu dilakukan. Selengkapnya, langsung simak saja tips-tipsnya di bawah ini.

Gunakan Pisau atau Alat yang Tajam

Pisau yang akan digunakan sebaiknya diasah terlebih dahulu sampai benar-benar tajam. Saat ini juga kita bisa menggunakan alat khusus untuk membersihkan sisik ikan. Selalu pastikan alat yang digunakan tajam agar memudahkan kita membersihkan sisik ikan. Gunakan talenan kayu agar ikan idak terlalu licin saat dibersihkan.

Ikan Direndam dalam Air Panas

Sisik ikan yang lunak bisa dibersihkan dengan mudah. Kita bisa merendam ikan dalam air panas yang diberi garam dan air perasan jeruk nipis selama sekitar 3 menit. Jangan direndam terlalu lama karena khawatir daging ikan akan rusak nantinya. Direndam secukupnya saja sampai sisik cukup lunak dan memudahkan kita membersihkannya.

Lakukan Gerakan Menyerong

Arahkan mata pisau agak miring, kemudian tekan perlahan dari bagian perut hingga ekor ikan. Jika kita menggunakan tangan kanan untuk memegang pisau, maka tangan kiri perlu memegang bagin perut ikan dengan lebih kuat. Pilih gerakan serong atau miring saat membersihkan ikan agar sisiknya bisa terlepas dengan lebih mudah.

Bersihkan Sisik Ikan dengan Air Mengalir

Aliri ikan dengan air mengalir saat membersihkan sisiknya. Kita bisa membersihkan sisik ikan di bawah air keran. Atau bisa juga sesekali ikan diguyur dengan air dalam proses membersihkan sisiknya.

Butuh kesabaran dan ketelitian sendiri dalam proses membersihkan sisik ikan ini. Semoga tips-tips di atas membantumu dan memudahkanmu dalam mempersiapkan ikan sebelum dimasak, ya.

sumber : Fimela