Medan  

Toge Panyabungan Martondi, 33 Tahun sebagai Menu Berbuka Puasa

Antrian sepedamotor saat membeli Toge Panyabungan Martondi di Jalan Letda Sudjono, Medan. Kamis (21/3/2024). Orbit digital/ Iwan Gunadi Batubara.

MEDAN | Penjual Toge Panyabungan Martondi di Jalan.Letda Sudjono Medan. Kuliner ini merupakan salah satu makanan tradisional khas Mandailing khususnya Panyabungan yang digemari warga untuk menu berbuka puasa. Satu porsinya dijual dengan harga Rp13.000. 

Toge Panyabungan adalah minuman segar yang terdiri dari lupis, cenil, pulut hitam, tapai, cendol, lalu disiram kuah santan dan gula aren. Tanpa adanya bahan pengawet, sebagai menu favorit untuk berbuka saat bulan Ramadan bagi masyarakat di Mandailing Natal.

Elvi Suryani Nasution salah seorang penjual Toge Panyabungan yang berada di Jalan Letda Sudjono Medan mengatakan, saat Bulan Ramadan penjualannya drastis meningkat. Seperti disebutkannya
Kamis, (21/3/2024).

“Selama Ramadan kita bisa menghabiskan kurang lebih 700 porsi perhari, dengan harga per porsinya Rp13,000. Selain toge panyabungan kita juga menjual menu berbuka seperti jongkong, serabi, pecal, kue basah dan juga gorengan. Kita buka jualan mulai pukul 13:00 WIB siang hingga pukul 18:00 WIB petang. Saat Ramadan ini penjualan meningkat dan cepat habis,” ujarnya.

Elvi juga mengatakan Toge Panyabungan miliknya tidak mempunyai cabang dan sudah berjualan selama 33 tahun.

“Untuk penjualan Toge Panyabungan Martondi kita tidak mempunyai cabang, cuma satu di sini saja dan kita sudah berjualan selama lebih kurang 33 tahun. Saya menjalankan usaha ini sebagai generasi ke -2 setelah orangtua,” jelasnya.

Penjual Toge Panyabungan melayani pembeli perharinya bisa menghabiskan 700 porsi. Orbit digital/ Iwan Gunadi Batubara

Dari pantauan di lapangan terlihat antusias warga membeli Toge Panyabungan hingga ludes terjual di jam 16:00 WIB.

Pembeli bernama Siti mengatakan, setiap Bulan Ramadan selalu membeli Toge Panyabungan buat menu berbuka puasa.

“Setiap bulan Ramadan saya selalu membeli makanan khas Mandailing untuk menu berbuka puasa, soalnya Toge Panyabungan Martondi ini menggunakan bahan alami tanpa pakai pengawet dan saya selalu membeli disini saja,” sebutnya.

Reporter ; Iwan GB