253 Rumah di Desa Narumonda Disemprot Desinfektan

oleh -268 views
Penyemprotan di salah satu ruangan rumah milik warga Desa Narumonda V, Rabu (25/3/2020). (orbitdigitaldaily.com/Bernard Tampubolon)

TOBA – Sebanyak lima unit tangki semprot yang digunakan secara bergantian oleh para warga dan aparat Desa Narumonda V, Kecamatan Siantar Narumonda digunakan untuk mensterilkan seluruh wilayah desa dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona Covid 19, Rabu (25/3/2020).

Fernando Marpaung, Kepala Desa Narumonda V kepada media di salah satu rumah warga yang akan disterilkan menyebut sebanyak 253 unit rumah yang ada di desa-nya mendapat penyemprotan. “253 rumah itu berada di 3 dusun, semua disemprot, mulai halaman, ruang tamu, hingga kamar tidur,” terangnya.

Ditanya apa jenis cairan yang dijadikannya menjadi desinfektan tersebut, Fernando mengaku bahwa cairan yang disemprot itu merupakan campuran beberapa bahan cairan pembunuh kuman.

“Sesuai petunjuk dari Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Toba, ada 3 macam cairan yang dicampur yang dijadikan sebagai bahan desinfektan ini,” terangnya.

Bahan tersebut, lanjut katanya, yakni Cairan Wipol, Bayclin, dan Superpell. “Ketiga bahan itu dicampur dan disemprot di semua wilayah desa sebagai antisipasi pencegahan penyebaran Virus Corona Covid 19 yang sedang mewabah dunia,” ujarnya serius.

Sementara itu, Lolo Solin, salah seorang perangkat desa terkait yang juga mendapat tugas melakukan penyemprotan mengaku senang dengan kegiatan itu. “Sudah hampir 50 unit rumah saya semprot, saya tetap semangat,” girangnya.

Dirinya mengharap, dengan pelaksanaan penyemprotan massal di desa tersebut, bisa menangkal penyebaran Virus yang berbahaya itu. “Semoga masyarakat bisa terhindar dari Corona. Semoga Tuhan melindungi Indonesia,” doanya mengharap.

Reporter: Bernard Tampubolon