Aceh  

35 Gampong Iklim di Abdya Telah Terdaftar dalam SRN Program PPI KLHK

Pj Bupati Abdya, H Darmansah S.Pd MM selaku pembina ProKlim didampingi Kabid LH dan para Keuchik saat diwawancara awak media dipendopo Bupati Selasa (7/5/2024)

ABDYA | Sebanyak 35 gampong iklim di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) telah terdaftar dalam Sistem Registrasi Nasional (SRN) Program Pengendalian Perubahan Iklim (PPI), bahkan 10 di antaranya sedang dalam proses verifikasi SPECTRUM di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Jakarta.

Kepala Dinas Permukiman dan Lingkungan Hidup (Perkim-LH) Abdya, Rahwadi ST, melalui Kepala Bidang Lingkungan LH, Dewi Marlina SP MP, kepada wartawan Selasa (07/05/2024) mengatakan, pada 2023, Menteri LHK, Dr. Ir. Siti Nurbaya memberikan penghargaan ProKlim Lestari kepada Gampong Padang Manggeng dan sertifikat ProKlim Utama kepada Gampong Kaye Aceh di Kecamatan Lembah Sabil.

“Ini tentu pencapaian yang luar biasa dari Bapak Pj Bupati Abdya, H Darmansah S.Pd MM selalu pembina ProKlim di Kabupaten Aceh Barat Daya,” Dewi Marlina SP MP. Sementara itu, Pj Bupati Abdya, H Darmansah, S.Pd., MM., menyampaikan kebanggaan dan optimisme terhadap pencapaian daerahnya.

“Dengan dua kali berturut-turut meraih penghargaan ProKlim Utama dan Lestari, Abdya telah menunjukkan komitmennya terhadap pelestarian lingkungan. Tahun 2024 ini, Abdya kembali berpartisipasi dalam kompetisi ProKlim dengan semangat yang lebih tinggi,” ujarnya, Selasa (7/5/2024).

Pj Bupati Abdya juga menjelaskan bahwa dari 35 desa yang berpartisipasi, ada 10 yang saat ini sedang menjalani proses verifikasi SPECTRUM di KLHK Jakarta. “Kita berharap desa-desa di Abdya dapat melanjutkan kesuksesan yang telah diraih, mempertahankan prestasi dan kembali meraih penghargaan ProKlim Utama dan Lestari,” tambahnya.

Mendekati akhir masa jabatannya, H Darmansah mengakui tantangan yang mungkin dihadapi oleh Penjabat Bupati yang akan datang, namun menekankan bahwa kerja keras dan kolaborasi akan terus berlanjut. “Kami mengapresiasi semangat pemerintah desa dalam membangun lingkungan yang lebih baik,” tuturnya.

Dengan pendaftaran 10 desa dari Abdya untuk perlombaan tingkat provinsi dan nasional tahun ini, H. Darmansah menunjukkan keyakinan bahwa Abdya siap untuk kembali berprestasi di arena pelestarian lingkungan.

“Semua desa ini telah menunjukkan inisiatif yang luar biasa dengan mendaftarkan diri dalam perlombaan di KLHK, berharap untuk mengulangi kesuksesan tahun-tahun sebelumnya,” harapnya.

Terpisah, Keuchik Kedai Palak Kerambil, Hazal Suaidi, menyampaikan harapannya agar cita-cita desanya dapat terwujud, terutama dengan dukungan dari pemerintah kabupaten. “ProKlim telah menjadi awal yang baik dalam pengelolaan desa, khususnya dalam mengatasi abrasi yang hampir setiap tahun terjadi,”ungkapnya.

Berikut daftar nama Gampong -gampong yang terdaftar dalam SPECTRUM Proklim Kabupaten Aceh Barat Daya menuju Proklim Utama dan Proklim Madya 2024 :

  1. Proklim Desa Babahlung, Kec. Blangpidie
  2. Proklim Dusun Pinggir Pantai, Desa Kedai Palak Kerambil, Kec. Susoh
  3. Proklim Dusun Durian Mushalla, Desa Panjang Baru, Kec. Susoh
  4. Proklim Dusun 4, Desa Kuta Tinggi, Kec. Blangpidie
  5. Proklim Desa Lhung Asan, Kec. Blangpidie
  6. Proklim Dusun Melati, Desa Alue Mangota, Kec. Blangpidie
  7. Proklim Dusun Mawar, Desa Durian Jangek, Kec. Susoh
  8. Proklim Desa Seunaloh, Kec. Blangpidie
  9. Proklim Desa Mata Ie, Kec. Blangpidie
  10. Proklim Desa Padang Keulele, Kec. Lembah Sabil

Reporter : Nazli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *