Atasi Kemacetan, Kemen PUPR Segera Bangun Cantilever Medan-Berastagi Awal 2021

oleh -156 views
Anggota Komisi V DPR RI Bob Andika Mamana Sitepu didampingi Bupati Karo Terkelin Brahmana memberi penjelasan pembangunan cantilever jalan sebesar RP.128 Miliar, yang akan dibangun Januari tahun 2021. (orbitdigitaldaily.com/Daniel Manik)

TANAHKARO – Kemacetan jalan Medan-Berastagi akan segera teratasi. Dijadwalkan Januari 2021 ini, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR RI) akan membangun Cantilever jalan sebagai pengganti jalan tol dengan biaya Rp128 miliar yang bersumber dari dana APBN tahun anggaran (TA) 2020

Terealisasinya pembangunan infrastruktur Medan-Berastagi dengan metode Cantilever itu tidak terlepas dari perjuangan anggota komisi V DPR RI Bob Andika Mamana Sitepu yang berkolaborasi dengan Pemkab Karo.

Atas kepedulian dan keseriusan meloby dan menggedor pihak kementerian PUPR secara terus menerus agar memperhatikan kondisi jalan lintas Medan-Berastagi, akhinya upaya itu berhasil dan gol.

Hal itu dikatakan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Selasa (20/10/2020) siang di ruang Karo Comand Centre Kantor Bupati Karo Kabanjahe.

Menurut Terkelin, realisasi pembangunan metode Cantilever jalan Medan-Berastagi itu disampaikan anggota DPR RI Bob Andika Mamana Sitepu, saat hadir dalam ada acara penyerahan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di desa Tanjung Barus belum lama ini.

“Dalam rekaman video saat mengikuti rapat DPR RI, anggota Komisi V Bob Andika Mamana mengungkapkan bahwa pembangunan jalan Medan-Berastagi dalam waktu dekat ini akan dikerjakan. Tahun 2020 ini akan ditenderkan dan dikerjakan bulan Januari 2021,” sebutnya.

“Kita harus bersyukur, sebab kementerian PUPR sebenarnya tidak tahu itu di mana Kabupaten Karo. Namun karena saya terus teriak-teriak, akhirnya kementerian PUPR memperhatikan jalan Medan-Berastagi lewat pembangunan Cantilever bukan jalan tol,” kata Terkelin menirukan Bob Andika Mamana Sitepu.

Sementara itu Bob Andika mengimbau agar masyarakat tidak termakan isu salahsatu oknum calon kepala daerah yang menjadikan pembangunan Cantilever Medan-Berastagi dalam kampanyenya.

“Untuk itu waspadalah, dalam situasi Pilkada sekarang ini, biaya politik tinggi. Masyarakat jangan mudah percaya kalau ada salahsatu Palson Bupati Karo mengklaim ini aspirasi dia, itu tidak benar. Saya yang berjuang,” kata Bob Andika Mamana Sitepu di Desa Tanjung Barus.

Menurut informasi yang berkembang, pembangunan jalan alternatif Medan-Berastagi sudah masuk ranah Desk Musrenbang 2020 – 2024 dan sesuai data APBN tahun anggaran 2020-2024 Program yang masuk ada dua titik.

Wilayah pertama di kawasan Tirtanadi Sibolangit sedangkan titik kedua di lokasi wisata Penatapan Jagung di seputaran daerah Desa Doulu.

Reporter: Daniel Manik