Awas!!! Sinabung Erupsi Lagi, Kabanjahe Berastagi Gelap

oleh -266 views

TANAH KARO – Awas…! Gunung Sinabung erupsi lagi, Senin (10/8/2020), Kabanjahe dan Berastagi serta sejumlah desa di Kecamatan Naman Teran, Simpang Empat dan Kecamatan Merdeka gelap gulita di tutupi debu vulkanik.

Mengantisipasi serangan debu akibat diterpa angin kencang, sejumlah mobil Pemadam Kebakaran milik Pemkab Karo dikerahkan di bantu mobil water canon milik Polres Tanah Karo dan mobil tanki air PMI membersihkan tumpukan debu abu dari jalan-jalan umum dan pemukiman warga.

Menyikapi erups Gunung Sinabung susulan itu, Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo SIK SH, Dandim 0205/ TK Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto, D. Sos , Plt BPBD Karo Natanael Perangin Angin, dan Kakan Satpol PP Karo Hendrik Philemon Tarigan, Camat Simpang Empat Amsah Peranginangin, saat itu juga langsung melakukan pemantauan dari Pos Pemantauan Sinabung di desa Ndokum Siroga Kecamatan Simpang Empat, Senin (10/8/2020).

Di Pos Pemantauan Sinabung Terkelin Brahmana kepada Orbitdigitaly mengatakan, erupsi Gunung Sinabung, Senin ini merupakan erupsi yang keempat kali, dengan tinggi kolom 5 Km dan arah abu vulkanik ke Timur Tenggara. Dampak erupsi ini megakibatkan Kecamatan Berastagi, Merdeka dan Kecamatan Naman Teran terpapar abu vulkanik yang cukup tebal.

“Kita sudah kerahkan armada Pemadam Kebakaran dibantu water canon milik kepolisian dan mobil tanki PMI untuk membersihkan dampak abu vulkanik,” ujar Terkelin saat meninjau pos pemantauan bersama Kapolres Karo AKBP Yustinus Setyo Indriono Sik SH, Dandim 0205 TK, Letkol Kav Yuli Eko Hadiyanto.

“Saat ini Gunung Sinabung berada pada Status Level III (Siaga) dengan rekomendasi masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius 3 Km dari puncak Gunung Sinabung, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara,” ujarnya.

Reporter : Daniel Manik