Banyak Pos Pemeriksaan, Pengunjung Wisata Air Panas Raja Berneh Mengeluh

oleh -499 views
DTW pemandian air panas Raja Berneh di Desa Semangat Gunung, Kecamatan Merdeka, Kabupaten Karo

Salah satu wisatawan asal Kabupaten Langkat, Hendra Setiawan mengatakan, merasa kurang nyaman dengan keberadaan pos-pos tersebut. Bahkan katanya, harus mengeluarkan uang lebih karena ada permintaan sumbangan.

“Di pos relawan covid itu kita diminta sumbangan, katanya sih sukarela,” kata Hendra kepada orbitdigitaldaily di lokasi pemandian air panas Pariban Desa Semangat Gunung.

Namun Hendra tidak merinci berapa uang yang dibayarkan di pos tersebut. Dia bersama lima orang keluarganya hanya mengaku kecewa dengan ketidaknyamanan itu.

Munurutnya, hal-hal demikian akan membuat para wisatawan yang ingin berkunjung ke objek wisata Pemandian Air Panas Raja Berneh merasa terganggu.

“Kalau memang resmi dari Dinas Pariwisata gak masalah. Karena ini tempat wisata. Dan kalaupun harus mengikuti protokol covid, biar di cek di pos retribusi itu sekalian,” ujarnya.

Selain itu, dengan adanya kutipan-kutipan walaupun disebut sumbangan, katanya akan membuat jelek nama objek wisata Pemandian Air Panas Raja Berneh, sehingga dapat berimbas kepada pemilik usaha yang ada di lokasi tersebut.

Sementara, Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karo, Munarta Ginting membenarkan pihaknya melakukan pengutipan retribusi memasuki pemandian air panas Raja Berneh di Desa Semangat Gunung Kecamatan Merdeka.

“Iya, untuk PAD Karo,” katanya kepada wartawan beberapa waktu lalu. Dasar pengutipan itu, katanya, mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) Karo nomor 5 tahun 2012 tentang retribusi jasa usaha.

Reporter : David Kaka