BNNK Gayo Lues Kembali Laksanakan Bimtek Life Skill

oleh -59 views
Petani mengikuti bimtek yang di gelar BNNK. (orbitdigitaldaily.com/Putra).

GAYO LUES – Badan Narkotika Nasional Kabupaten Gayo Lues (BNNK Galus), kembali melaksanakan kegiatan Bimtek Life Skill kepada masyarakat Kawasan Rawan Bebas Narkoba, bertempat di cafe “Satelit Bumi”, Kampung Pepelah Kecamatan Pining, beberapa hari lalu.

Kegiatan yang dimulai sekira pukul 10.30 WIB itu, langsung dibuka oleh Kepala BNNK Gayo Lues, Fauzul Iman, ST M Si. Bahkan, acara itu juga dihadiri lebih kurang 60 orang, diantaranya, Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Gayo Lues, Relawan Anti Narkoba Provinsi Aceh, Tim MEM-C Jelajah Nusantara, Gallus Interpreneur, Professional Independent Branding and Design, Perangkat Desa Pepelah dan peserta kegiatan Life Skill Kampung Pepelah.

Dalam sambutannya, Kepala BNNK Gayo Lues, Fauzul Iman, ST M Si, mengatakan, peralatan yang telah diberikan kepada peserta Life Skill, wajib diawasi oleh BNN dan Pengulu, dengan harapan, agar produk-produk yang diciptakan para peserta Life Skill terus berkesinambungan.

“Pemasaran produk Kerawang Chips akan kita usulkan kepada Pemerintah Daerah, agar membantu mempromosikan ke Instansi-instansi terkait yang berada di Kabupaten Gayo Lues,” katanya, Jumat (16/8) melalui WhatsApp.

Oleh sebab itu sambung Fauzul, dengan adanya program GDAD, dirinya berharap petani ganja tidak ada lagi di Kampung Pepelah Kecamatan Pining.

“kami meminta kepada seluruh peserta Life Skill, agar mengajak anggota keluarganya untuk tidak lagi menanam ganja. Terlebih, dengan adanya Bimtek Life Skill dari BNNK Gayo Lues ini, dapat meningkatkan pendapatan perkapita warga di Kampung Pepelah. BNN tidak akan kompromi dengan jaringan Narkotika, kita perang dengan Narkoba,” katanya.

Sementara itu, Kabid Perkebunan pada Dinas Pertanian Gayo Lues, Syaiful Azhar, S ST MM, menyampaikan, kegiatan penanaman perdana di Kampung Pepelah, khusus bagi mantan petani ganja yang beralih ke tanaman jagung, pihaknya sudah mengusulkan 20 hektar bibit jagung untuk Kecamatan Pining.

Rinciannya, untuk Kampung Pepelah, kelompok tani yang mendapatkan bibit jagung yaitu, kelompok tani “TIR MAJU” yang diketuai oleh H Mukmin,” sedangkan untuk Desa Pintu Rime yakni, kelompok tani ” Delinga Merak” yang diketuai oleh Yakub,” pungkasnya.

Diakhir acara, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan peralatan dan pelatihan cara pembuatan keripik bawang dari awal pembuatan hingga pengemasan dan pemasarannya, kepada kelompok Life Skill Kampung Pepelah UD SATELIT BUMI. (*)

Laporan: Putra