Aceh  

BPN Ukur Lahan Pasar Modern, Keuchik Keude Siblah : Tak Ada Klaim Masyarakat

Keuchik Keude Siblah T. Rinaldy didampingi Camat Krisnur, saat memperlihatkan peta luas lahan pasar modern sesuai gambar 46.723 (m2)

ABDYA | Terkait lahan di lokasi pembangunan pasar modern di Desa Keude Siblah, Kecamatan Blangpidie, yang belum punya bukti alas hak sertifikat hak milik dan persil tanah belum tuntas jual beli, Pemkab Aceh Barat Daya (Abdya) bersama Dinas Pertanahan dan Badan Pertanahan Nasional BPN melakukan pengukuran.

Keuchik Keude Siblah T. Rinaldy menerangkan bahwa setahu dari pada dirinya tanah di lokasi pasar modern ini sudah pernah diganti rugi oleh pihak dinas perindagkop.

Seterusnya, terkait adanya klaim dari masyarakat ingin menguasai tanah di lokasi pasar, dipastikan hal itu tidak ada dan hari ini di lokasi melihat sama- sama tidak adakan masyarakat buat kebun di tanah ini.

“Kita kaget juga ketika ada isu bahwa tanah yang sudah di bebas untuk penbangunan pasar modern ini masih dikuasai oleh masyarakat dan isu tersebut sengaja dihembus oleh oknum yang tidak bertanggungjawab, sehingga membuat kita dan aparatur terkaget – kaget. Kita lihat bersama di lokasi tidak ada masyarakat yang berkebun,” tegas Keuchik Rinaldi.

Sementara Camat Blang Pidie, Krisnur, SP mengatakan, sesuai dari paparan dari pak Keuchik Keude Siblah tadi itu sudah benar artinya sampai hari ini dari kita dilantik sebagai camat Blangpidie belum ada masyarakat yang mengbuat pengaduan dan laporan tentang lahan di lokasi pasar modern ke kantor camat.

“Benar sejak dilantik 2018 sebagai Camat sampai hari ini belum ada warga yang membuat pengaduan tentang belum dibayar ganti rugi dan klaim dari masyarakat menguasai lahan dilokasi pasar modern kekantor,” katanya.

Selanjutnya, Camat Krisnur, juga berharap bangunan pasar modern yang sudah lama sekali terbengkalai dikawasan lorong II Cot Stui Keude Siblah kec blangpidie ini segera dilanjutkan pembangunanya,kalau masalah dengan administrasi sertifikat belum di buat ini langsung dibuat karena hari ini dibuatlah
tanda batas atau Patok batas disetiap sudut dan ukur langsung oleh BPN sesuai dengan luas dalam gambar, pungkasnya.

Pantauan awak media, pengukuran luas dan patok batas dilokasi pasar modern tersebut, dihadiri PJ Bupati Abdya H.Darmansah,S.Pd.,MM,Kepala Kantor BPN Irvandi Satria, Kepala Dinas Pertanahan Abdya Rizal, SMn ,Camat Blangpidie Krisnur,
Kepala Bidang Aset BPKK Mulya Alfan, Perwakilan dinas perindagkop,personel Satpolpp serta terkait lainnya.

Reporter : Nazli