Medan  

Bubur Sup Khas Melayu Tradisi Berbuka Puasa di Masjid Raya Al – Mahsun

Proses memasak bubur sup menghabiskan 30 kg beras untuk 1.000 porsi bagi masyarakta yang berbuka puasa. Selasa(19/3/2024). Orbit digital/ Iwan Batubara

MEFDAN | Bubur sup menjadi menu andalan Mesjid Raya Al- Mahsun Jalan SM. Raja, Medan saat berbuka puasa di bulan Suci Ramadan.

Kualitas serta citarasa yang tetap terjaga dan keunikannya saat memasak bubur sup tersebut, karena dimasak menggunakan kayu bakar dan Panci/ Kancah dari tembaga yang besar, Selasa (19/03/2024).

Di Bulan Ramadan 1445 H tahun 2024 pengelola Mesjid Raya Al-Mashun  menyediakan bubur sup dicampur sayuran anyang bagi jemaah yang berpuasa. 

Muhammad Hamdan pengurus Mesjid Raya Al – Mahsun menjelaskan Bubur sup ini menjadi tradisi sejak era Kesultanan Deli.

“Bubur sup merupakan tradisi Masjid Raya yang sudah lama dilakukan kesultanan mulai dari 1906 hingga sekarang. Cuma di zaman Kesultanan dulu masaknya bubur pedas, sekarang kita masaknya bubur sup yang dilakukan setiap bulan suci Ramadan. Dari awal Ramadan sampai 27 Ramadan, dilakukan setiap tahun,” jelasnya.

Pengurus Mesjid membagikan Bubur Sup ke warga yang mau berbuka puasa di Mesjid Raya Al- Mahsun Jalan. SM. Raja, Kecamatan Medan Kota, Medan. Selasa (19/3/2024). Orbitdigital/iwan Batubara

Hamdan juga mengatakan resep bubur sup ini tak mengubah citarasa, seperti tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan komposisi bumbu yang sama serta diwariskan secara turun-menurun.

“Bubur sup yang dimasak ini menghabiskan 30 kg beras, ditambah daging sapi 10 kg dan sayur mayur seperti kentang, wortel 10 kg diperkirakan untuk 1.000 porsi setiap harinya.

Bubur ini Kita bagi dua sebahagian untuk masyarakat yang membawa pulang dan sebahagian lagi kita siapkan buat yang berbuka puasa di mesjid ini,” Ujarnya.

Proses pemasakan bubur dilakukan lebih kurang 3 jam, namun untuk persiapannya dari pagi hari. Mulai dari persiapan rempah. Sementara untuk bahan masakan hingga kayu bakar diperoleh dari sultan hingga para donatur.

Bubur sup siap saji bagi warga yang berbuka puasa di Mesjid Raya Al- Mahsun jalan. SM.Raja, kota Medan.Selasa(19/3/2024). Orbit digital/ Iwan Batubara

“Kita tidak hanya dapat dari kesultanan saja namun kita membuka donasi bagi masyarakat umum yang ingin menyumbang. Ada juga bantuan dari para donatur tetap kita dan Alhamdulillah tahun ini kita mendapatkan donatur baru dari Bapak Rahmadsyah,” tutupnya.

Reporter : Iwan