Bupati Aceh Selatan Galakkan Tanam Padi Serentak di Kecamatan Pasie Raja

oleh -115 views

ACEH SELATAN | Salah satu program ketahanan pangan dimasa Pademi Covid-19 Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran mengalakkan tanam padi serentak di gampong Rambong dan gampong Silolo Kecamatan Pasie Raja, Rabu (14/10/2020).

Bupati Aceh Selatan, Tgk Amran dalam sambutannya mengucapkan syukur atas peningkatan jumlah sawah produktif di kecamatan Pasie Raja.

“Wajar, kita bersyukur atas peningkatan jumlah sawah produktif ini, oleh karena itu kita terus berupaya bekerja supaya kebutuhan pangan secara nasional Provinsi dan Kabupaten dapat terpenuhi walaupun dalam keadaan pandemi Covid-19 ini,” katanya.

Ditahun ini katanya masih banyak hal yang perlu ditangani oleh pemerintah saat salah satunya pembuatan irigasi sehingga jika itu telah dilaksanakan maka sawah-sawah akan kembali teraliri air.

“Masih ada di beberapa gampong di bagian Pasie Raja sawah yang belum bisa mendapat air. Jika irigasi sudah terbangun semua Insya Allah ini sudah selesai, saya yakin lahannya sudah ditanami jagung maupun yang lain,” ucap Bupati.

Tgk.Amran mengatakan Kecamatan Pasie Raja sudah dapat mengikuti pola tanam secara nasional bahwa tanaman tanam padi, dengan lima kali panen dalam 2 tahun.

“Ini sungguh luar biasa, kita tahu di sini sumber airnya berbeda, tapi Alhamdulillah, sekarang sudah mulai mau masyarakat bertani, maka oleh sebab itu perlu kerjasama semua pihak agar apa yang kita cita-citakan dapat terealisasi,” pintanya.

Selain bupati Tgk Amran juga hadir pada kegiatan Tanam Padi Serentak Program Ketahanan Pangan masa Pandemi Covid-19 di gampong Silolo, unsur Forkopimda antara lain.

Dandim 0107/Aceh Selatan Letkol Inf R.Sulistiya Herlambang HB, Kapolres Aceh Selatan AKBP Ardanto Nugroho, SIK, SH, MH, Kajari Aceh Selatan Fajar Mufti SH MH, diwakili oleh anggotanya, Anggota DPRK Aceh Selatan, Martunis.

Kadis Pertanian Kab Aceh Selatan, Yulizar SP MM, Pasiter Kodim 0107/Aceh Selatan, Lettu Inf Priya Utama, Danramil 14/Pasie Raja, Kapten Arh Rahman, Kapolsek Pasie Raja An Iptu Andrianus T SE, Camat Pasie Raja An Anakhi Sp,Ka Bpp Pasie Raja, Anwar, Para Mukim dalam wilayah Kecamatan Pasie Raja, Para Kheucik dalam wilayah Kecamatan Pasie Raja.

Serta para tokoh agama dan tokoh adat dalam wilayah Kecamatan Pasie Raja serta ratusan masyarakat dan petani dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Junaidi dan Kepala BUMG Agustinur serta protokol Humas Setdakab Ulfa dan juru camera Amad yang juga staf Humas Setdakab.

Serta para Asisten I Erwiandi S.Sos dan Asisten II Zaini Bakry serta para undangan lainya acara langsung di kawal oleh patroli Satpol PP.

Reporter : Yunardi