Bupati: Karang Taruna Harus Berperan Aktif Membangun Daerah

oleh -233 views
Bupati Palas H Ali Sutan Harahap saat menerima audiensi Karang Taruna di ruang kerjanya Kamis (12/9/2019). (orbitdigitaldaily.com/Firdaus Hasibuan).

PALAS – Bupati Padanglawas (Palas) H Ali Sutan Harahap atau yang akrab dipanggil TSO, meminta Karang Taruna mampu memberikan sumbangsih untuk pembangunan daerah. Ia mengharapkan peran aktif pemuda Karang Taruna di segala lini pembangunan.

“Kehadiran Karang Taruna itu melalui programnya kita harapkan bisa bermanfaat kepada masyarakat, sesuai visi misi pemerintah daerah,” kata Ali Sutan Harahap saat menerima audiensi Karang Taruna Padanglawas di ruang kerjanya Kamis (12/9/2019).

Untuk itu Karang Taruna sebagai organisasi sosial, kiprahnya sangat dinantikan untuk pembangunan daerah.

TSO  mengatakan, Karang Taruna bisa mengambil peran aktif di segala lini pembangunan, terutama ekonomi, sosial dan kemanusiaan. Karang Taruna juga harus memberikan sumbangsih pemikiran untuk pemerintah.

“Saya minta OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait, terutama Dinas Sosial dan dinas teknis terkait lainnya ikut memberi dukungan penuh kepada Karang Taruna,” kata bupati.

Karang Taruna juga kata bupati harus memberikan kegiatan bermanfaat dan sumbangan pemikiran kepada pemerintah daerah dalam mewujudkan visi misi daerah.

Ia mengucapkan terimakasih atas keberhasilan Karang Taruna Palas melalui Karang Taruna Bintang PIP Desa Pasar Ipuh yang berhasil memperoleh juara satu teladan tingkat Provinsi Sumut dan menjadi utusan provinsi sumatera utara ke tingkat nasional.

“Prestasi yang diraih ini adalah berkat kerjasama dan kemitraan yang telah terbangun dengan baik selama ini,” ungkap Ali.

Orang nomor satu di Palas ini berharap keberhasilan yang telah diraih di tingkat nasional harus menjadi motivasi bagi desa yang lain.

Dalam kesempatan itu, Bupati didampingi Sekretaris Daerah Arpan Nasution menjabarkan, Pemkab Palas fokus pada upaya menekan disparitas wilayah demi pemerataan pembangunan.

Ia meminta Karang Taruna bisa bersinergi dengan program pemerintah tersebut.

Sementara itu Sekretaris Daerah Arpan Nst mengungkapkan, pemerintah daerah akan terus mendukung program Karang Taruna terlebih program yang belum terjangkau pemerintah.

“Mudah mudahan program pemerintah bisa bersinergi dengan program Karang Taruna,” ungkap Sekda.

Ketua Karang Taruna  Padanglawas, Atas Siregar, mengatakan Karang Taruna siap bersinergi dengan Pemkab Palas untuk membangun daerah ini.

“Karang Taruna adalah organisasi mitra melekat pemerintah,  dan dalam sejarahnya Karang Taruna tidak pernah berpengalaman berseberangan dengan prgram pemerintah terlebih untuk pemberdayaan masyarakat,”  kata Atas Siregar.

Atas juga menambahkan, sudah menjadi kewajiban bagi Karang Taruna  untuk  mendukung penuh program pembangunan daerah. 

“Kami sudah memberikan tawaran agar terlibat dalam program-program terutama yang tak tercover pemerintah, utamanya program pemberdayaan dan kesejahteraan,” papar Atas Siregar.  

Reporter: Firdaus Hasibuan