Bupati Karo Lantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator

Usai pelantikan, Bupati Karo Cory S Sebayang foto bersama dengan para pejabat pimpinan tinggi pratama dan pejabat administrasi. (Foto/Ist)

KARO I Sebagai dampak dari berlakunya Peraturan Pemerintah Nomor 72 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, maka telah ditetapkan pada tanggal 27 Desember 2021 yang lalu Peraturan Daerah Kabupaten Karo Nomor 10 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 05 Tahun 2016 Tentang Pembentukan Perangkat Daerah Kabupaten Karo.

Perda itu kemudian ditindaklanjuti dengan ditetapkanya Peraturan Bupati Karo Nomor 02 Tahun 2022 Tentang Susunan Organisasi Dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Karo dan Peraturan Bupati Karo Nomor 03 Tahun 2022 Tentang Pembentukan Organisasi Dan Tata Kerja Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Karo pada tanggal 27 Januari 2022. Perubahan ini kemudian mengakibatkan terjadinya perubahan struktur organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo.

Bahwa perubahan struktur Perangkat Daerah di atas juga merupakan dampak dari Arahan Presiden Republik Inddonesia tentang penyederhanaan organisasi yang kemudian ditindaklanjuti melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 25 Tahun 2021 tentang Penyederhanaan Struktur Organisasi pada Instansi Pemerintah untuk Penyederhanaan Birokrasi.

Hal itu dikatakan Bupati Karo Cory Sriwaty Sebayang saat pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator di lingkungan Pemkab Karo, Rabu (8/6/2022) di Aula Kantor Bupati Karo Kabanjahe.

Dikatakannya, hal ini kemudian berdampak pula ke dalam Jabatan yang ada pada Perangkat Daerah Kabupaten Karo. Dasar penetapan ketentuan di atas maka Pemerintah Kabupaten Karo telah melakukan Assessment terhadap 28 (dua puluh delapan) orang Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) yang dilaksanakan pada tanggal 9 sampai dengan 16 Desember 2021.

Pelaksanaan Assessment ini sesuai dengan ketentuan yang mengatur pada PP 17 Tahun 2020 tentang perubahan PP 11 Tahun 2017 tentang manajemen PNS dan Permenpan RB 15 Tahun 2019 tentang Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah.

Sebagai tindaklanjut hasil diatas dan setelah melengkapi administraasi pemerintahan dalam memenuhi ketentuan yang ada maka pada hari ini Rabu tanggal 8 Juni 2022 dilantik sebanyak 4 (empat) orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan 13 (tiga belas) orang Pejabat Administrator di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Karo.