Demo di BPKP Sumut, IMI Paluta Minta Hitung Potensi Kerugian Proyek Pembangunan Lapangan Sepakbola di Paluta

oleh -781 views

MEDAN – Pilihan massa dari Ikatan Mahasiswa Islam (IMI) Paluta melakukan aksi unjuk rasa di Kantor Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan ( BPKP) Sumut, Rabu (23/9/2020) di Jalan Gatot Subroto Medan.

Aksi yang dipimpin Ketua IMI Paluta Ilham Sahputra Siregar itu meminta agar BPKP Sumut turun ke Paluta melihat sekaligus menghitung potensi kerugian pada proyek pembangunan lapangan sepakbola yang nilai proyeknya mencapai Rp6,8 Miliar lebih.

” Kami menduga adanya kerugian uang negara dalam proyek tersebut karena besarnya anggaran yang dikeluarkan tidak sebanding dengan hasil pembangunan yang dikerjakan,” kata Ilham.

Dijelaskan Ilham pihaknya mendapatkan informasi bahwa Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( PUPR) Palas pada APBD 2017 mengalokasikan anggaran senilai Rp6,5 Miliar untuk membangun lapangan sepakbola di Stadion olahraga Paluta.

Proyek dimenangkan oleh PT Harida Jaya, sekaligus juga ada dianggarkan dana senilai Rp140.000 untuk konsultan pengawas.

Selanjutnya pada APBD 2018 Dinas PUPR Paluta juga menganggarkan dana senilai Rp800.000 juta untuk proyek lanjutan pembangunan sepakbola tersebut dan lagi-lagi dimenangkan oleh PT Harida Jaya.

Namun kenyataannya di lapangan banyak kekurangan volume pekerjaan pada pembangunan lapangan sepak bola di stadion olahraga Paluta tersebut.” Makanya kami meminta agar BPKP Sumut turun ke Paluta melakukan pemeriksaan dan menghitung potensi kerugian negara dalam proyek itu,” kata Ilham.

Usai melakukan aksi unjuk rasa di BPKP Sumut Ilham menegaskan pihaknya akan melaporkan persoalan ini ke aparat penegak hukum yakni kepolisian dan kejaksaan.cr-03