Di Musrenbang Kecamatan, Terkelin Jangan Bosan-bosan Sampaikan Aspirasi

oleh -43 views
Bupati Karo Terkelin Brahmana SH memberi arahan kepada peserta Musrenbang Kecamatan Dolat Rayat dan Kecamatan Barusjahe yang dihadiri anggota DPRD Karo. Ist

Kabanjahe-ORBIT: Bupati Karo Terkelin Brahmana mengingatkan agar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) sebagai momen masukan sebanyak-banyaknya karena tahun ini semua hasil musyawarah terkoneksi ke aparat penegak hukum.

Hal itu dikatakan Terkelin Brahmana saat menghadiri Musrenbang RKPD Kabupaten Karo Kecamatan Dolat Rayat dan Barusjahe bersama anggota DPRD Firman Firdaus Sitepy, Thomas Joverson Ginting dan Abdi Depari, Selasa (12/2).

Menurut Terkelin, Musrenbang  kecamatan adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan atau stakeholders di tingkat kecamatan untuk mendapatkan masukan mengenai kegiatan prioritas pembangunan yang didasarkan pada masukan dari hasil Musrenbang kelurahan.

“Untuk itu jangan pernah bosan-bosan menyampaikan  aspirasi, kadang ada juga sudah 5 (lima) kali aspirasi dalam musrembang baru disetujui dan dilaksanakan, inilah para peserta selalu rajin  bersama-sama harus gigih ikut mengawal dan mengikuti selalu apa yang telah diusulkan dalam Musrenbang ini, kalau tidak di ikuti sampai komputer beranakpun tidak akan berhasil,” lontar Terkelin.

Sementara Abdi Depari anggota DPRD karo mengharapkan kepada masyarakat kecamatan Dolat rayat dan Kecamatan Barusjahe, supaya menyampaikan usulan terkait kepentingan wilayah desa masing masing, saya akan kawal dan ikuti terus apa yang telah usulkan nantinya, agar dapat menjadi prioritas pelaksanaannya.

“Inilah saat dan Kesempatan Masukan yang akan dituangkan dapat menjadi dasar penyusunan Rencana pembangunan kecamatan yang akan diajukan kepada SKPD yang berwewenang sebagai dasar penyusunan RencanaKerja Satuan Kerja Perangkat Daerah pada tahun berikutnya,” jelas Depari

Hal senada, juga dikatakan Thomas Joverson Ginting. Dikatakannya, pihaknya akan mendorong Pemda Karo terkait usulan masyarakat kecamatan Dolat Rayat dan Kecamatan Barusjahe, agar diperhatikan.

Sedangkan, Firman Firdaus Sitepu mengatakan  pembangunan di tingkat desa  harus menjadi prioritas apa yang dibutuhkan masyarakat, diharapkan hasil Musrenbang ini ditampung dan dicatat.

“Saatnya di forum yang resmi ini kita diskusikan bersama untuk membangun desa, saya akan mengikuti dan ikut mengawal aspirasi masyarakat jika ini harus diprioritaskan nantinya,” ujar Firdaus Sitepu. Turut hadir dalam Musrenbang ini kepala Bappeda Ir Nasib Sianturi, Msi, kepala PUPR Ir Paten Purba, kepala Dinas Pertanian Sarjana Purba, SSTP, kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dr Hartawati Br Tarigan, kabid DPMD Ledianita, Camat dolat Rayat Leo Girsang, Camat Barusjahe Kalsium Sitepu, Tokoh masyarakat, tokoh adat Muspika Dolat Rayat dan Kecamatan Barus Jahe. Od-Dam