Aceh  

Dilepas Sekda Cut Syazalisma, Kontingen RAINAS Bertolak ke Cibubur

Rainnas ke Cibubur

ACEH SELATAN | Sekretaris Daerah (Sekda) Aceh Selatan Cut Syazalisma S.STP, melepas kontingen

Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka untuk mengikuti Raimuna Nasional (Rainas) ke-12 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jawa Barat.

Pelepasan tersebut bertempat di halaman Kantor Bupati Aceh Selatan, Selasa (8/8/2023) turut dihadiri Kepala SKPK, Ketua Kwarcab Aceh Selatan beserta pengurus, para andalan cabang pembina, Kamabigus, serta orang tua wali.

Pramuka merupakan gerakan pendidikan pada jalur non formal, sebagai bagian yang tak terpisahkan dari sistem pendidikan yang merupakan kesinambungan gerakan kepanduan nasional Indonesia, papar Sekretaris Daerah Aceh Selatan Cut Syazalisma S.STP

“Gerakan ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan tunas bangsa menjadi generasi muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti luhur, memiliki kecerdasan dan keterampilan yang tinggi, sehat jasmani, serta bermanfaat bagi masyaraka,” sebutnya..

Untuk merealisasikan tujuan tersebut maka gerakan pramuka diarahkan kepada berbagai program, di antaranya adalah pendidikan mental dan kepribadian, keterampilan serta karya bakti untuk membantu masyarakat.

“Salah satunya adalah melalui kegiatan Raimuna Tahun 2023 yang akan diikuti oleh adik -adik peserta penegak dan pandega kontingen kwartil cabang gerakan pramuka Aceh Selatan,” ucapnya.

Pantang Menyerah

Raimuna nasional merupakan momentum bagi anggota pramuka penegak dan pramuka pandega seluruh indonesia untuk memperluas persaudaraan atau mempererat keakraban. Hal ini bertujuan membina persaudaraan, memperkuat persatuan dan kesatuan, melestarikan kebudayaan.

Serta meningkatkan kualitas generasi muda dalam kegiatan pramuka penegak dan pramuka pandega tingkat nasional sebagai bekal untuk mencapai standar kecakapan secara nasional.

“Kepada peserta yang merupakan putra dan putri terbaik hasil seleksi kwarcab Aceh Selatan agar mengikuti kegiatan Raimuna Nasional ini dengan penuh semangat dan pantang menyerah,” pesan Sekda.

Sementara itu, Kontingen Kwartil Cabang Gerakan Pramuka Aceh Selatan, Ria Dharma menyampaikan, kegiatan perkemahan raimuna nasional ke-12 tahun 2023 yang akan dilaksanakan di Cibubur.

Adapun kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 14-21 Agustus 2023, Kontingen Kwartil Cabang Gerakan Pramuka Aceh Selatan diberangkatkan melelui via darat dengan menggunakan 2 Unit Bus dengan menempuh perjalanan lebih kurang 4 hari dan diperkirakan sampai pada tanggal 12 Agustus 2023.

“Peserta Raimuna Nasional Kwartil Cabang Gerakan Cabang Pramuka Aceh Selatan ini terdiri dari Kamabigus SMAN I Labuhanhaji, Kamabigus MAN I Aceh Selatan, Kamabigus SMAN I Tapaktuan, Kamabigus SMAN Unggul Tapaktuan,” ucapnya.

Selain itu Kamabigus SMAN I Pasie Raja Kamabigus SMKN I Pasie Raja Kamabigus SMAN I Kluet Utara Kamabigus SMAN 3 Kluet Utara Kamabigus SMAN I Kluet Timur Kamabigus SMAN Unggul Darulsa’dah Kamabigus SMAN I Kluet Selatan Kamabigus SMAN Kota Bahagia Kamabigus SMAN Trumon Tengah.

“Adapun, jumlah peserta dan oficial kontingen Raimuna Nasional berjumlah 48 orang yang terdiri dari, peserta sebanyak 32 orang, Pembina Pendamping 8 orang, oficial peninjau berjumlah 8 orang,” pungkasnya.

Reporter : Yunardi