Sumatera Utara

Dinas Perikanan Karo ‘Restocking’ Benih Ikan di Desa Sirumbia

Karo-ORBIT: Pemerintah Kabupaten Karo melalui Dinas Perikanan Kabupaten Karo memberikan bantuan 2000 ekor benih ikan nila ke Desa Sirumbia, Kecamatan Simpang Empat, yang ditabur di perairan tambak (Tapin) Desa Sirumbia, Senin (12/2) sore.

Kepala Dinas (Kadis) Perikanan Kabupaten Karo Ir Metehsa Purba kepada Orbit menyebutkan, penaburan benih ikan ini bertujuan untuk menambah populasi dan keanekaragaman jenis ikan serta mencegah terjadinya kepunahan ikan (restocking).

Begitupun dengan bertambahnya populasi ikan, pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan hasil tangkapan ikan oleh masyarakat desa untuk memenuhi gizi dan meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat.

“2000 benih ikan nila yang kita tabur itu bukan untuk budidaya tapi upaya restocking dalam istilah perikanan. Maka harapan kami agar warga desa Sirumbia agar menjaga dan merawatnya. Kali ini 2000 dulu nanti kita lihat perkembangannya. Kalau ada perkembangan kita tambah 5000 lagi sesuai muatan kolam,” ujar Kadis.

Metehsa menjelaskan, kegiatan konservasi keanekaragaman hayati (KEHATI) melalui restocking ikan adalah salah satu upaya untuk menyadarkan masyarakat agar keberadaan ikan yang hidup di perairan umum dapat tetap lestari.

Sementara, Kepala Desa Sirumbia mewakili masyarakatnya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Karo yang telah memberikan bantuan 2000 ekor benih ikan nila yang telah ditabur di tambak desa. Dikatakannya, hal tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat desa Sirumbia dan akan menjaga serta mengembangbiakkan.

“Atas nama masyarakat desa saya ucapkan banyak terima kasih kepada bapak Kadis Perikanan Kabupaten Karo beserta rombongan yang sudah mau turun langsung untuk tabur bibit ikan di tambak Tapin Desa Sirumbia,” ucap Kepala Desa didampingi Ketua Karang Taruna Desa Sirumbia Monas Ginting.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Muspika Kecamatan Simpang Empat, Danramil Simpang Empat Kapten Kav J Surbakti, BPD, Prangkat Desa, Karang Taruna dan sejumlah warga. Od-Vid

Komentar Facebook
Menampilkan Lebih Banyak

Artikel Terkait

Back to top button