Dinas Sosial Langkat Luncurkan “Datuk Seri Langkat” dan Pelatihan Disabilitas

Dinas Sosial Langkat Luncurkan "Datuk Seri Langkat"

LANGKAT | Dalam rangka melanjutkan program kerja “Bubur Peda” Pemerintah Kabupaten Langkat melalui Dinas Sosial melakukan kegiatan “Datuk Seri Langkat” Dana Transport untuk Anak Sekolah Luarbiasa di Langkat, Rabu (5/6/2024).

Kegiatan yang digelar di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Langkat, “Datuk Seri Langkat” ini memberikan bantuan kepada siswa/siswi sekolah luarbiasa sebanyak 30 orang, dengan perbulan Rp. 300.000.

Kepala dinas sosial kab langkat Taufik Rieza, S.STP, MAP menyampaikan kegiatan ini merupakan perwujudan dari program kerja Pj Bupati Langkat, “Bubur Pedas”.

Dengan tema tingkatkan kemandirian ekonomi sahabat disabilitas melalui pelatihan kewirausahaan. Dinas Sosial Langkat juga mengadakan pelatihan anyaman lidi kelapa sawit kepada para penyandang disabilitas se Kabupaten Langkat.

Taufik Reza mengatakan kegiatan ini bertujuan guna membantu perekonomian para penyandang disabilitas. “Dengan ikut kewirausahaan dengan kerajinan tangan yang di laksanakan pelatihan anyaman lidi kelapa sawit,” katanya.

Pada kesempatan itu, Pj ketua TP PKK Langkat Uke Retno Faisal Hasrimy mengatakan kegiatan ini sangat bermanfaat untuk membantu Disabilitas. “Semoga ini dapat keberkahan dan manfaat yang luarbiasa,” harapnya.

Ia juga menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Kabupaten Langkat terhadap penyandang disabilitas sesuai Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 dan implementasi peraturan daerah Kabupaten Langkat Nomor 2 tahun 2024 tentang perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas pemerintah Kabupaten Langkat.

“Semoga penyandang disabilitas bisa mampu dan berdaya saing menjadi lebih berpoduktif dan berpartisipasi dalam segala bidang kehidupan,” ujar Uke.

Diketahui, dalam kegiatan itu juga memberi paket sembako secara simbolis untuk 3 orang lansia, 3 penyandang disabilitas, 3 orang telantar. Paket yang diberikan berupa 1 kotak mie instan 10 kg beras dan 2 liter minyak goreng.

Reporter : Teguh