Dosen USU Gelar Pengabdian Masyarakat dan Pelatihan Budidaya Ikan Lele di Desa Sei Semayang

Dosen USU bersama mahasiswa dan Kelompok Tani Pondok Miri Asri saat menggelar kegiatan Pelatihan Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal di Desa Sei Semayang, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang. (Foto/Ist)

DELI SERDANG | Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Sumatera Utara (LPPM-USU) bersama dengan Kelompok Tani Pondok Miri Asri menggelar kegiatan Pelatihan Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal di Desa Sei Semayang, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang.

Kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) tersebut dilaksanakan pada, Sabtu (9/9/2023).

Kegiatan pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan keterampilan pada kelompok tani Pondok Miri Asri. Materi yang diberikan meliputi pengetahuan teknis cara budidaya ikan lele di kolam terpal serta cara pembuatan kolam terpal.

Sebagai narasumber pelatihan adalah tenaga ahli yang berasal dari LPPM-USU.

Salah satu narasumber Siti Khadijah Hidayati Nst, SP, MSi memaparkan materi mengenai strategi pengembangan usaha mikro dan tantangan, kendala serta peluang yang dihadapi dalam budidaya ikan lele pada kolam terpal.

Sedangkan Dr. Ir. Rahmanta, M.Si, memaparkan materi cara-cara atau langkah-langkah dalam pembuatan kolam terpal bulat serta perlunya penguatan kelembagaan kelompok tani dalam berwirausaha agar mencapai usahatani yang efisien, efektif dan kontiniutas.

Sementara Vindy Rilani Manurung, S.Pi., M.P, memaparkan materi tentang budidaya ikan lele, meliputi: Bagaimana karakteristik ikan lele agar bisa optimal saat dibudidayakan, penyiapan media air, pemilihan bibit dan cara menebarkan bibit di kolam, perawatan kolam dengan memberikan probiotik, pembuangan kotoran dan cara memanen ikan lele disesuaikan dengan permintaan pasar.

Sebagai mitra pengabdian ketua kelompok tani pondok miri asri, yakni Heri Yusuf Simbolon, Spd, MSi menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada tim dosen pengabdian kepada masyarakat karena telah memberikan penyuluhan budidaya ikan lele di kolam terpal kepada kelompok tani pondok miri asri dan masyarakat sekitarnya.

“Kami ucapkan terima kasih atas perhatian yang diberikan kepada kami oleh tim dosen pengabdian kepada masyarakat Universitas Sumatera Utara. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan merubah cara berpikir masyarakat dalam menambah pendapatannya,” ucap Heri Yusuf Simbolon, Spd, MSi.

Pada akhir kegiatan, tim pengabdian dosen kepada masyarakat USU memberikan sumbangan kepada kelompok tani pondok miri asri, yaitu sebuah kolam ikan terpal, bibit ikan lele, pakan ikan, dan ember sebagai bentuk optimalisasi usaha kelompok tani.

Sumbangan ini diharapkan mampu memotivasi para masyarakat Desa Sei Semayang terkhusus pada Kelompok Tani Pondok Miri Asri untuk tetap mengembangkan usaha-usaha yang produktif dan kegiatan yang bermanfaat serta positif.

Harapannya dengan mengikuti kegiatan pelatihan budidaya ikan lele di kolam terpal, kelompok penerima bantuan, masyarakat sekitar dan kader PKK dapat meningkatkan keterampilannya berbudidaya ikan lele di kolam terpal, sehingga ke depan dapat meningkatkan pendapatan dan kesejaheteraan masyarakat sekitar. (Red)