DPRK Aceh Tenggara Berkunjung ke Aceh Selatan Bahas Jalur Alternatif

oleh -234 views
Anggota DPRK Aceh Tenggara saat berkunjung ke Aceh Selatan. (orbitdigitaldaily.com/Yunardi)

ACEH SELATAN – Pimpinan beserta anggota DPRK Aceh Tenggara, menggelar kunjungan kerja ke DPRK Aceh Selatan, Kamis (16/01/2020).

Maksud dan tujuan pimpinan dan anggota DPRK Aceh Tenggara ke DPRK Aceh Selatan untuk mengajak bersama-sama membuka jalur jalan alternatif yang menghubungkan Aceh Selatan dengan Aceh Tenggara.

“Kawan-kawan DPRK Aceh Tenggara mengajak DPRK Aceh Selatan membuka akses jalan penghubung dua kabupaten. Jadi sudah ada kesepakatan untuk membangun akses jalan dari Kabupaten Aceh Tenggara ke Aceh Selatan,” ungkap Wakil Ketua I DPRDK Aceh Selatan, Teuku Bustami SE.

Hadir dalam rapat dengan DPRK Aceh Tenggara diantaranya Wakil Ketua II DPRK Aceh Selatan, Ridwan dan Anggota DPRK Aceh Selatan dari Partai Gerindra, Hadi Surya, S.TP., MT.

Sesuai pembahasan, pembukaan akses jalan yang akan menghubungkan Aceh Selatan dengan Aceh Tenggara ini akan dibuka di kawasan Gampong Kapa Sesak, Kecamatan Trumon Timur.

“Jika rencana ini terealisasi, maka jarak tempuh dari Aceh Selatan ke Aceh Tenggara dan sebaliknya hanya membutuhkan waktu 3 – 4 jam. Jalan ini bisa terkoneksi dengan tiga daerah, yakni Aceh Selatan, Aceh Tenggara dan Subulussalam,” pungkasnya.

Sempat Digagas Mantan Gubernur Aceh

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRK Aceh Tenggara, Jamuddin Selian mengatakan, kedua kabupaten memiliki sejarah panjang di masa silam.

“Aceh Selatan dan Aceh Tenggara ini punya hubungan historis sejak dulu. Karena di sini tempat menimba ilmu Agama, banyak warga kita Aceh Tenggara belajar di sini (Aceh Selatan). Dengan adanya jalan ini akan memperpendek arus transportasi kedepannya dan semakin mempererat tali silaturahmi kedua kabupaten,” ungkap Jamuddin.

Ia meyakini program ini akan disambut baik oleh Bupati kedua kabupaten. Sebab dengan hadirnya akses jalan tersebut akan mempermudah hubungan ekonomi masyarakat di dua kabupaten.

”Banyak saudara kami di sini. Dan banyak juga warga Aceh Selatan di Aceh Tenggara. Kalau transportasi bagus InshaAllah ekonomi masyarakat juga akan semakin lancar,” paparnya.

Dikatakannya program mebuka akses jalan penghubung Aceh Selatan dengan Aceh Tenggara ini sebenarnya sudah pernah digagaskan oleh mantan Gubernur Aceh, Almarhum Ibrahim Hasan.

“Waktu Gubernur Aceh Almarhum Ibrahim Hasan sudah menggagas ini, dan kini kita dorong kembali untuk mewujudkan masalah ini. Begitu juga dengan kawan kawan media juga perlu mendorong ini,” pungkasnya.

Reporter: Yunardi