GESIT Pemeriksaan Kesehatan Gratis Lansia dengan Tukar Sampah di BSU Mandiri

SIALANG | Para lansia di Desa Sialang Kabupaten Deliserdang mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis hanya dengan menukarkan sampah rumah tangga.

Melalui PLN Peduli pemeriksaan kesehatan gratis berkolaborasi dengan Klinik Ar-Rahman Desa Sialang bernama GESIT (Gerakan Melawan Sakit), yang digelar dengan menukarkan berbagai jenis sampah seperti botol plastik, botol kaca, karung bekas, plastik asoy, kardus yang ditukarkan di Bank Sampah Unit (BSU) Mandiri.

Kegiatan tersebut dihadiri dan diapresiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Deli Serdang, Santoso pada Rabu (13/3). Dalam sambutannya, Santoso menyampaikan kegiatan positif ini dapat diikuti oleh komunitas peduli lingkungan di daerah lain demi menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan sekitar.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini sangat kreatif, semoga dapat menjadi contoh oleh desa lainnya di Kabupaten Deli Serdang. Jangan sampai sampah yang kita punya, kita tidak mau bagaimana mengelolanya,” pungkas Santoso.

Ketua Karang Taruna Desa Sialang Agung Sasmita menuturkan layanan pemeriksaan kesehatan gratis merupakan bentuk kepedulian karang taruna kepada masyarakat lansia di Desa Sialang. Pemeriksaan kesehatan diawali dengan proses registrasi dengan menukarkan sampah. Kemudian dilakukan periksaan seperti cek tensi, cek gula, cek asam urat, cek kolestrol, hingga cek lambung, setelah itu akan diberi obat sesuai dengan keluhannya.

Agung menambahkan para lansia yang telah mengikuti program ini secara otomatis menjadi nasabah bank sampah dan akan secara rutin menabung sampah di Bank Sampah Unit (BSU) Mandiri. Ketika para lansia ingin berobat di klinik, mereka cukup menunjukkan tabungan sampah dan cukup membayar selisih sesuai ketentuan yang telah diatur. Dengan demikian, para lansia dapat berobat dengan biaya murah atau gratis hanya dengan menukarkan sampah.

Dalam wawancara terpisah dengan General Manager PLN UID Sumatera Utara Saleh Siswanto saat siaga kelistrikan kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia mengatakan kegiatan yang dilakukan karang taruna Desa Sialang ini dapat membantu masyarakat usia lansia untuk menjaga dan memeriksakan kesehatannya.

“Saya mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Karang Taruna Desa Sialang. Hanya dengan mengumpulkan sampah yang berada disekitar rumah kemudian menukarkan ke bank sampah unit mandiri, para lansia dapat melakukan pemeriksaan kesehatan dengan biaya murah bahkan gratis,” kata Saleh. rel