Gubsu Tinjau Pembangunan Bandara Abdul Haris Nasution, Progresnya Capai 50%

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi di dampingi Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi Nasution saat meninjau Bandara Abdul Haris Nasution. (orbitdigitaldaily.com/Sulaiman Nasution)

MADINA | Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi dan Wakil Bupati Mandailing Natal (Madina) Atika Azmi Utammi Nasution meninjau pembangunan Bandara Abdul Haris Nasution di Malintang , dan sampai saat ini progresnya telah mencapai 50%.

Saat ini pengerjaan sedang berjalan, baik untuk fasilitas darat dan udara. Untuk darat progresnya telah mencapai 42%, sedangkan fasilitas udara mencapai 59%.

“Secara total sudah mencapai 50%, runaway sudah diaspal, tetapi belum rampung, terminalnya lagi proses, fasilitas lain akan dikejar,” kata Edy Rahmayadi usai meninjau Bandara Abdul Haris Nasution, Selasa (29/8).

Menurut keterangan Edy Rahmayadi, tahap pertama bandara ini selesai di akhir Desember 2023. Kemudian dilanjutkan dengan tahap kedua dan ketiga untuk melengkapi keseluruhan fasilitas.

“Targetnya kalau kata kontraktor selesai Desember tahap pertama, jadi sudah bisa beroperasi, tetapi tentu fasilitasnya belum lengkap,” kata Edy Rahmayadi.

Menurut Edy Rahmayadi, Bandara Abdul Haris Nasution akan membantu mobilitas masyarakat terutama Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel).

“Ini memfasilitasi mobilisasi masyarakat kita, apalagi dari sini agak jauh ke bandara, terdekat ke FL. Tobing atau Silangit,” kata Edy Rahmayadi.

Ikut mendampingi Edy Rahmayadi meninjau Bandara Abdul Haris Nasution, Kadis Kominfo Sumut Ilyas S Sitorus, Kadis Kesehatan Alwi Mujahit, Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Yuliani Siregar, serta OPD terkait lainnya.

Reporter : Sulaiman Nasution