Ini Keluhan LP Narkotika Langsa Dalam Rangka HUT RI ke 74

oleh -93 views
Kalapas Narkotika Kelas III Langsa. Photo bersama saat peringatan hari kemerdekaan RI ke 74. - (orbitdigitaldaily.com/Rusdi Hanafiah.)

LANGSA – Ratusan Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas III Langsa memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 Tahun 2019 yang di Gampong Sungai Lung, Kecamatan Langsa Timur Sabtu (17/8/2019).

Kepala Lapas Narkotika Klas III Langsa Yusrizal SH. dalam laporanya mengatakan, Lapas Narkotika Klas III Langsa berdiri semenjak tahun 2013 sampai saat ini sudah berjalan 6 tahun dengan jumlah 546 warga binaan dan warga binaan yang mendapatkan remisi berjumlah 386 orang” ujarnya.

Lanjutnya adapun keluhan yang di hadapi oleh ratusan warga binaan selama ini menyangkut kebutuhan air bersih sangat tidak memadai, namun adapun air PDAM yang diharapkan warga binaan selama ini sering macet ( Mati ) bahkan untuk keperluan air di lapas Narkotika. Kami harus membuat sumur bor namun airnya belum dapat di gunakan lantaran air sumur bor yang dibutuhkan warga disini tidak dapat dipergunakan karena airnya kuning.

Kepala Lapas Narkotika Klas III Langsa Yusrizal SH juga menyinggung soal sampah dilingkungan LP setempat, menurutnya petugas yang mengambil sampah hanya datang sekali seminggu, seharusnya seminggu bisa dua kali atau lebih mengingat di pintu masuk Lapas ada tumpukan sampah jika petugas kebersihan rutin dua, tiga kali mengambil sampah, maka aroma bau busuk tidak tercium lagi.

Katanya lagi, Lapas Narkotika Klas III Langsa mempunyai lahan pertanian yang terdapat di samping kantor, bisa di manfaatkan oleh warga binaan untuk bercocok tanam seperti menanam cabe, palawija lainya serta terdapat kolam ikan yang di dalamnya terdapat ikan lele dan ikan nila yang di kelola oleh warga binaan.

Yang terakhir, kepala Lapas untuk menyemarakkan hari ulang tahun Kemerdekaan RI yang Ke – 74 mengadakan sejumlah perlombaan seperti bola kaki, footsal, bola kaki pakai kain sarung, voly, catur, panjat pohon pinang, tarik tambang dan pukul bantal, Tutup Kepala Lapas Yusrizal SH dalam laporannya di hadapan Asisten I Bidang Pemerintahan Suriyatno dan di hadapan seluruh rombong anjang sana dalam HUT RI Ke- 74.

Dalam sambutan yang di sampaikan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Suriyatno dalam anjang sana ke Lapas Narkotika Klas III Langsa, selain menbacakan amanat dari Mentri Hukum dan HAM, HUT RI Ke – 74, dirinya juga menanggapi laporan dari Kepala Lapas di antaranya keluhan tentang Air PDAM yang sering tidak mengeluarkan Air, dalam hal tersebut dirinya akan melaporkan kepada Wali Kota Langsa dan di tembuskan kepada Kantor PDAM setempat.

Juga terkait dengan pengambilan sampah yang di laksanakan oleh Kantor DLHK seminggu sekali nanti juga kita sampaikan kepada kantor DLHK supaya pengambilan sampah bisa di laksanakan seminggu dua kali atau lebih, Kata Suriyatno.

Dari 386 narapidana yang mendapatkan remisi peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 74 tahun 2019, sebanyak 1 orang dinyatakan langsung bebas. Dan selebihnya napi yang mendapatkan remisi berpariasi yang terbesar 6 bulan dan yang terendah mendapat remisi 1 bulan.

Pemberian remisi kepada 386 warga binaan HUT RI di Lapas Narkotika Klas III Langsa dilakukan secara simbolis oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Pemko Langsa Suriyatno disaksikan oleh unsur Muspida dan muspika dalam rombongan anjang sana di wilayah setempat.

Reporter : Rusdi Hanafiah