Medan  

Jasa Raharja Kerjasama 162 RS Demi Kelancaran Mudik Lebaran 2024

Dirlantas Polda Sumut Kombes Muji Ediyanto, Kadishub Sumut Agustinus Panjaitan dan Kepala Jasa Raharja Sumut Mulyadi saat acara talkshow kesiapan penyelenggaraan mudik Lebaran 2024 di satu studio stasiun radio terkemuka di Medan

MEDAN | Dishub Sumut bersama Ditlantas Polda Sumut dan Jasa Raharja Sumut memastikan kesiapan penyelenggaraan mudik Lebaran tahun 2024. Dalam sebuah diskusi, para pemimpin utama dari ketiga lembaga ini membahas persiapan arus lalu lintas yang aman dan lancar.

Kepala Dishub Sumut, Agustinus Panjaitan, mengungkapkan, pendaftaran program Mudik Gratis Idulfitri 1445H telah mencapai tingkat partisipasi yang signifikan. Sebanyak 2500 seat terisi.

“Tujuan program ini adalah mengurangi angka kecelakaan lalu lintas, khususnya bagi pengendara sepeda motor, dan meringankan beban ekonomi masyarakat, serta mengantisipasi lonjakan inflasi di hari besar keagamaan,” ujarnya, Sabtu (23/3/2024).

Kolaborasi dengan Jasa Raharja Sumut juga menjadi fokus dalam mengantisipasi risiko kecelakaan.

Sementara, Kepala Jasa Raharja Sumut, Mulyadi menyampaikan telah koordinasi dan survei jalur untuk mengevaluasi titik-titik rawan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

Data kecelakaan 2023, sekitar 60 persen kendaraan yang mengalami kecelakaan adalah sepeda motor. Korban meninggal dunia maupun luka-luka didominasi usia produktif.

“Kami terus berkomitmen memberikan pelayanan yang mudah dan cepat. Saat ini Jasa Raharja telah bekerja sama dengan 162 rumah sakit di Sumatera Utara. Untuk Laporan Polisi, sistem kami telah terintegrasi dengan Kepolisian,” tambahnya.

Dirlantas Polda Sumut, Kombes Muji Ediyanto, menekankan pentingnya persiapan pos pengamanan, pos pelayanan, serta pos terpadu di ruas jalan dan titik-titik rawan kriminalitas, kemacetan, dan kecelakaan. Hal ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman bagi masyarakat yang merayakan Idulfitri.

Selain itu, masyarakat diajak untuk aktif berpartisipasi menjaga keselamatan di jalan. Dengan menekan pentingnya kesadaran berlalu lintas yang tinggi agar perjalanan mudik dapat berjalan dengan lancar dan aman.

“Bagi seluruh masyarakat Sumatera Utara di manapun berada, berhati-hatilah saat berkendara. Jangan ugal-ugalan, keluarga menunggu di rumah,” imbaunya.

Dengan kolaborasi yang solid dan upaya persiapan yang komprehensif, diharapkan musim mudik Lebaran tahun ini akan menjadi perjalanan yang aman dan lancar bagi seluruh pemudik di Sumatera Utara..

Reporter, Toni Hutagalung