Kaban BPN Madina : Lahan TSM Batahan I Segera Diterbitkan Sertifikatnya

oleh -74 views
Sumardi Hasibuan (Humas Desa) ketika menunjukan peta TSM Desa Batahan I (foto/Afnan Lubis SH)

MADINA – Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Mandailing Natal (Madina) Abdur Rahim Lubis SH,MH, berjanji akan menerbitkan sertifikat tanah , Trans Swakarsa Mandiri (TSM) yang selama ini di klaim milik PT Palmaris Raya .

Demikian disampaikan Humas Perwakilan Masyarakat Batahan I Kecamatan Batahan, Madina, Sumardi Hasibuan kepada wartawan, Sabtu (12/10/2019) usai mengikuti pertemuan dengan Pemkab Madina dan BPN Madina membahas persoalan lahan yang tumpang tindih dengan PT Palmaris Raya , Jumat (11/10/2019) di ruang kerja Asisten II Pemkab Madina.

Sumardi menjelaskan dalam pertemuan disepakati bahwa Pemkab Madina dan BPN Madina akan melakukan pengecekan lapangan sekaligus melakukan pematokan lahan agar persoalan ini tidak semakin berlarut-larut.

“Sebenarnya asal lahan kami ini berasal dari Trans Swakarsa Mandiri ( TSM ) namun belakangan ada PT Palmaris Raya menguasai lahan tersebut diduga tanpa ganti rugi yang jelas dan kita sudah sering menyampaikan persoalan ini pada Pemkab Madina dan baru ini saja Pemkab Madina melakukan pertemuan, dan kami sayangkan pihak PT Palmaris Raya tidak ada hadir,” kata Sumardi.

Yang menarik sebut Sumardi pernyataan Kaban BPN Madina Abdur Rahim Lubis,SH,MH mengatakan bahwa segera akan menerbitkan sertifikat lahan TSM paling lambat tahun 2020 bahkan bisa saja nanti akhir 2019 ini dengan luas 726 Hektare sesuai dengan peta bidang tanah: 02/18/2008 .

“Kami selaku warga Batahan I akan menunggu tim dari Pemkaba Madina untuk melakukan melakukan pematokan lahan yang menjadi sengketa kemudian kami juga akan menagih janji Kaban BPN Madina yang katanya akan segera menerbitkan sertifikat lahan TSM Batahan I,” ujar Sumardi.

Reporter : Afnan Lubis