Kendalikan Inflasi, Pemkab Deliserdang Monitoring Harga & Kebutuhan Pokok

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deli Serdang memonitoring pergerakan harga dan stok bahan pokok di sejumlah pasar

DELISERDANG | Untuk mengendalikan laju inflasi, terutama jelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang memonitoring pergerakan harga dan stok bahan pokok di sejumlah pasar di wilayah Deli Serdang, Selasa (11/6/2024).

Monitoring yang dilakukan Asisten II Perekonomian dan Pembangunan, H Khoirum Rijal ST MAP bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Deli Serdang tersebut menyambangi Pasar Bakaran Batu, Jalan Tuan Syekh HM Arsyad T Lubis, Desa Bakaran Batu, Kecamatan Lubuk Pakam. Monitoring harga dan kebutuhan pokok juga akan dilaksanakan, pada Rabu, 12 Juni 2024 nanti di Pasar MMTC, Kecamatan Percut Sei Tuan.

“Seperti biasa, setiap menyambut hari besar keagamaan terjadi kenaikan harga. Beberapa pasar sudah ada menaikkan harga, namun sesaat,” sebut Asisten II.

Lanjut Asisten II, khusus komoditi cabai merah, saat ini harganya masih naik karena kekurangan pasokan. Kondisi itu diakibatkan pengaruh cuaca.

“Beberapa petani cabai merah di Deli Serdang beralih menanam tanaman lainnya diakibatkan cuaca yang tidak bisa diprediksi, makanya kita kekurangan pasokan cabai merah,” jelas Asisten II.

Hasil monitoring yang dilakukan di Pasar Bakaran Batu, Lubuk Pakam, antara lain beras medium Rp14.000/kg, gula pasir Rp18.000/kg, telur yam broiler Rp27.000/kg, minyak goreng curah Rp16.000/kg, cabai rawit hijau Rp34.000/kg, cabai merah Rp54.000/kg, tomat Rp10.000/kg, bawang merah lokal Rp45.000/kg dan daging sapi Rp125.000/kg.

“Mudah-mudahan dengan dilakukannya monitoring di Pasar Lubuk Pakam, kita sudah mengetahui penyebab lonjakan harga beberapa bahan pokok, seperti cabai merah, bawang merah dan tomat. Kalau untuk beras dan minyak makan, harganya masih normal,” sebut Asisten II.

Selain monitoring, Pemkab Deli Serdang juga akan menggelar pasar murah. Ada dua lokasi pasar murah, pertama di Kantor Camat Tanjung Morawa, pada Kamis, 13 Juni 2024, dan di Lapangan Tengku Raja Muda (Lapangan Segitiga), Lubuk Pakam, pada Jumat, 14 Juni 2024.

Turut serta dalam monitoring itu, Kasdim 0204/Deli Serdang, Mayor CZI TM Panjaitan SH; Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejaksaan Negeri Deli Serdang, Andi Salim SH MH; perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya; Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Ir Hj Syarifah Alawiyah MMA dan lainnya.

Reporter : Rio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *