Libur Lebaran, PLN UID Sumatera Utara Siap Jaga Pasokan Listrik

MEDAN| Selama masa libur panjang lebaran, banyak masyarakat yang menghabiskan waktu untuk menikmati tempat rekreasi dan pusat hiburan yang ada di Sumatera Utara. Untuk itu, PLN siap menjaga keandalan pasokan listrik dilokasi wisata, pusat perbelanjaan, dan transportasi publik di kota Medan.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Utara Saleh Siswanto mengatakan, PLN siap menjaga keandalan kelistrikan diberbagai tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh masyarakat baik di kota Medan maupun luar kota Medan untuk menikmati libur panjang Idul Fitri tahun 2024.

Pasokan listrik berlapis disiapkan untuk menjaga keandalan kelistrikan tempat liburan warga kota Medan. Inspeksi keandalan kelistrikan sudah dilakukan jauh hari untuk memastikan listrik andal.

“Petugas PLN terus memastikan pasokan listrik tetap andal 24 jam melalui Distribution Control Center (DCC) selama masa siaga lebaran 2024. Secara berkala petugas PLN berkeliling dan memantau tempat-tempat yang menjadi pusat aktivitas masyarakat,” ungkap Saleh.

Saleh menambahkan, lebaran merupakan momen menikmati waktu berkumpul dengan keluarga untuk semua masyarakat.

“Supply kelistrikan selama lebaran dan libur panjang Idul Fitri tahun 2024 dalam kondisi aman. Terpantau Daya Mampu Pasok (DMP) sebesar 2.327 Megawatt, beban puncak mencapai 1.693 Megawatt dan Cadangan daya 1.401 Megawatt pada malam hari. Untuk itu, kami siap mengawal dan menjaga pasokan listriknya,” kata Saleh.

Selain menjaga kelistrikan di kawasan wisata dan pusat hiburan, PLN UID Sumatera Utara juga menyiagakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) baik di dalam Kota Medan maupun dijalur yang dilewati oleh para pemudik yang menggunakan kendaraan listriknya.

PLN juga siap melayani selama 24 jam apabila masyarakat memerlukan informasi dan layanan PLN melalui aplikasi PLN Mobile. Dengan PLN Mobile, masyarakat dapa melakukan pembayaran dan pembelian token, pengaduan, penyambungan sementara maupun informasi lokasi SPKLU yang ada di Sumatera Utara.

“Jika memerlukan layanan PLN, masyarakat tidak perlu repot ke kantor PLN. Cukup menggunakan aplikasi PLN Mobile segala keluhan dan layanan PLN dapat diakses dengan mudah melalui smartphone anda,” tutur Saleh.rel