Luhut Dapat Kiswah Dari Pangeran Saudi MBS

Luhut Binsar Pandjaitan dan Pangeran Mohammed Bin Salman (MBS) di Saudi. (CPC Arab Saudi via Instagram Luhut Pandjaitan). Foto/Ist.

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mendapat hadiah kiswah Kakbah dan janji investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara usai bertemu Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS).

Dalam pertemuan itu, Luhut juga menyampaikan sejumlah titipan pesan dari Presiden Joko Widodo. Menurutnya, Arab Saudi memiliki banyak kesamaan pandangan dengan Indonesia dalam hal pembangunan.

“Saya makin merasa optimis ketika mendengar bahwa beliau ingin Arab Saudi ikut berkontribusi pada pembangunan IKN Nusantara, serta yang tak kalah penting, Arab Saudi akan bergabung dalam Sovereign Wealth Fund Indonesia (INA),” kata Luhut melalui akun Instagram @luhut.pandjaitan, Minggu (6/3).

Luhut menindaklanjuti pertemuan itu dengan membentuk tim khusus. Tim itu akan mengatur rencana kunjungan Kerajaan Arab Saudi ke Indonesia sebelum bulan Ramadan.

Saat hendak pulang, Luhut menerima hadiah berupa kiswah atau permadani yang membalut Kakbah. Selain itu, ia juga mendapat replika kunci Kakbah dari Kerajaan Arab Saudi.

“Saya kira, persahabatan harus lah seperti itu. Rasa percaya harus diletakkan di atas segalanya, tak jadi soal agama, ras, suku bangsa mana kita berasal. Selama kita punya kepentingan yang sama yaitu mengedepankan kemanusiaan dan kesejahteraan seluruh bangsa demi menjadikan dunia ini tempat yang lebih baik untuk diwarisi oleh anak cucu kita di masa depan,” ujar Luhut.

Sebelumnya, Luhut menjajaki peluang investasi IKN Nusantara dengan mengunjungi negara sahabat. Dia berkunjung ke Arab Saudi pada 1-2 Maret lalu.

Luhut langsung menemui Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman. Luhut membahas pembangunan ibu kota negara baru, energi baru dan terbarukan, bidang lingkungan hidup, serta isu-isu lain yang menjadi kepentingan bersama kedua negara.

Sumber: CNN Indonesia