Mendagri Sindir Kepala Daerah yang 100 Persen Cairkan Anggaran Pengamanan Pilkada

oleh -276 views
Mendagri Tito Karnavian. (Foto: Internet)

MEDAN – Hari ini Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyelenggarakan rapat dengan sejumlah kepala daerah di Sumut sekaitan kesiapan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak di Sumut.  

Namun, ada yang unik dalam rapat tersebut, mantan Kapolri ini menyindir sejumlah kepala daerah yang mencairkan 100 persen anggaran pengamanan kepada aparat baik TNI dan Polri.

Sementara, menurut data yang ia terima, untuk realisasi penyaluran anggaran seperti KPU, Bawaslu bahkan tak mencapai 50 persen.  

“Labuhanbatu Selatan realisasi anggaran pengamanan sudah 100 persen. Sementara untuk KPU dan Bawaslu baru 40 persen. Kemudian seperti Labuhanbatu Utara anggan pengamanan 100 persen, KPU 24,5 persen, Bawaslu 40 persen,” ujar Tito saat rapat koordinasi pelaksanaan Pilkada serentak 2020 di Hotel Grand Aston, Medan, Jumat (3/7/2020).

Tak hanya dua kabupaten tersebut, beberapa kabupaten lainnya juga jadi amatan Tito. Seperti Nias, Asahan. Di sini, Tito menyoroti pencairan pengamanan Pilkada yang sudah 100 persen.

Sedangkan KPU dan Bawaslu pencairan anggaran pelaksanaan pilkada juga masih sekira 40 persen.

“Baik kali kepala daerah ini sama TNI dan Polri. Sudah cair anggaran sampai 100 persen, ini baik kali atau takut kali,” kata Tito yang disambut gelak tawa oleh para peserta rapat.

Menurutnya, pelaksanaan tahapan pilkada sangat bergantung kepada kesiapan anggaran. Bahkan, mantan Kapolri itu mengatakan anggaran adalah denyut nadi dari pelaksanaan Pilkada.

Hadir dalam kesempatan itu, Menkopolhukam, Mahfud MD ; Gubernur Sumut Edy Rahmayadi ; Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia dan Forkompinda tingkat Sumut. (*)