Mendagri Tito Kritik Daerah tak Siap Gelar Pilkada, Tanah Karo Bagaimana?

oleh -210 views

TANAHKARO – Sesuai laporan yang diterima, ternyata masih banyak daerah di Sumut, yang belum siap 100 persen dalam pengalokasian anggaran realisasi pelaksanaan Pilkada serentak, 9 Desember 2020 mendatang.

Tetapi ada juga daerah yang sudah siap 100 persen melaksanakan Pilkada serentak di daerahnya.

Namun, ada satu daerah yang mendapati apresiasi Mendagri Tito Karnavian, yakni Kabupaten Karo.

Tito mengapresiasi Pemkab Karo dan KPUD nya sudah siap menggelar Pilkada.

Hal itu diungkapkan Mendagri Tito Karnavian saat tampil sebagai narasumber bersama Menko Polhukam RI Prof. Mahfud MD dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak di wilayah Sumatera Utara, Jumat (03/07/2020) siang di Hotel Grand Aston Medan.

Menurut Tito Karnavian, tercatat ada 270 daerah di 9 provinsi yang akan melaksanakan Pilkada serentak di seluruh Indonesia.

“Pilkada kali ini kita lakukan dalam kondisi yang berbeda karena harus mengikuti dan menerapkan protokol kesehatan. Jalankan semua sesuai dengan aturan dan regulasi yang berlaku dan sudah ditetapkan,” katanya.

Di pertengahan Rapat Koordinasi saat mengapresisasi kesiapan Kabupaten Karo menggelar Pilkada serentak 2020, Mendagri Tito memanggil sang bupati. “Mana Bupati Karo,” tanya Tito “Coba berdiri, mejuah juah, Horas!” sapanya.

Mendengar panggilan Mendagri, dengan spontan Terkelin Brahmana yang mengenakan kemeja putih langsung berdiri dan melambaikan tangan membalas sapaan Mendagri sembari berucap Mejuahjuah- Horas.

Disela-sela Rakor itu Bupati Karo Terkelin Brahmana menerangkan kesiapan daerah yang dipimpinnya untuk melaksanakan Pilkada Serentak.

“Anggaran untuk Pilkada Kab Karo sudah rampung dan 100 persen siap digunakan pada Pilkada akan datang,” ujarnya.

Usai Rakor, Ketua KPUD Kabupaten Karo, Gemar Tarigan membenarkan pihaknya sebagai penyelenggara Pilkada di Kabupaten Karo telah rampung.

“Sudah 100 persen siap bergerak, menggunakan realisasi Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) APBD Kabupaten Karo dalam menyukseskan Pilkada serentak Tahun 2020,” ucapnya.

Reporter: Daniel Manik